Polda Jateng Ungkap Penyelundupan Benih Bening Lobster Di Cilacap

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRjogja.com – Kasus penyelundupan benih lobster di Kabupaten Cilacap telah berhasil diungkap Ditpolairud Polda Jateng. Hal itu diungkapkan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi pada gelar kasus, Rabu(29/9) di Mako Ditpolairud Semarang.

Kapolda didampingi Dirpolairud Polda Jateng, Kombes Pol R Setijo Nugroho mengatakan, pengungkapan kasus itu berdasarkan laporan informasi tentang pengambilan, pendistribusian, penjualan BBL (Benih Bening Lobster) di kawasan perairan Cilacap.

Kapolda menyebutkan dengan adanya informasi itu, tim Subdit Gakkum Ditpolariud Polda Jateng langsung melakukan pendalaman. “Berawal dari pendalaman dan pengamatan terhadap nelayan BBL di perairan Cilacap, ternyata banyak nelayan yang melakukan kegiatan mencari BBL,” jelasnya.

Kemudian, tim pada Selasa 31 Agustus 2021, tim melakukan pembututan dan penghentian mobil Avanza Nopol R 9474 PK dikemuidikan YPD di jalan Jeruk Legi, Cilacap. Mobil itu diketahu mengangkut BBL dalam sebuah kardus
“Pada saat dimintai keterangan petugas, diperoleh hasil, mobil Avanza Nopol R 9474 PK dikemudikan YPD membawa BBL dalam sebuah kardus bungkus rokok berjumlah kurang lebih 9.320 ekor”, terangnya.

Menurut Kapolda rincian BBL yang dista jenis mutiara sebanyak kurang lebih 1.200 ekor, dan BBL jenis pasir kurang lebih 8.120 ekor. “Saat ini tim sudah melakukan pengamanan terhadap sopir dan mobil Avansa Nopol R 9474 PK, beserta BBL ) sejumlah kurang lebih 9.320 ekor yang diduga akan diselundupkan keluar negeri,” tegas Kapolda.

BERITA REKOMENDASI