Politeknik Bumi Akpelni Wisuda 214 Lulusan

SEMARANG,KRJOGJA.com- Direktur Politeknik Bumi Akpelni Semarang Capt Cahya Budi Hartanto MMar MSi dan Ketua Dewan Pembina Yayasan Wiyata Dharma H Soenarto (inspektur upacara) mewisuda 214 taruna lewat Wisuda Perwira Remaja Pelayaran Niaga dan Diploma III di kampus Bendan, Sabtu (14/9/2019).  

“Sarjana dan diploma bidang kemaritiman diminati pangsa kerja, baik nasional maupun internasional. Terbukti sedikitnya 50 persen lulusan Prodi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan (KPN) yang diwisuda kali ini sudah bekerja di berbagai tempat. Peluang kerja di bidang transportasi laut dan kelautan sangat besar baik nasional maupun internasional. Terlebih pemerintah Indonesia mencanangkan program tol laut dan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia semakin memperbesar peluang kerja bidang ini” ujar Direktur.

Namun disi lain, tambah Direktur, tuntutan peningkatan kompetensi dan perubahan regulasi menjadi tantangan kemaritiman Indonesia. Sehingga diperlukan peningkatan mutu pendidikan melalui peningkatan kurikulum dan pelatihan berbagai kompetensi dan soft skill mutlak diperlukan untuk mewujudkan SDM, termasuk SDM bidang kelautan, semakin berkualitas berkompetensi dan siap kerja di industri.

Sedangkan Ketua Umum Yayasan Wiyata Dharma Dr Capt Sri Untung MMar dan Ketua Dewan Pembina Yayasan Wiyata Dharma H Soenarto pada upacara wisuda ke 44 tahun 2019 Politeknik Bumi Akpelni menyatakan peningkatan mutu banyak dilaksanakan. Di antaranya bekerjasama dengan Direktorat Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika.

Kerjasama ini berupa pelaksanaan ujian sertifikasi Operator Radio Umum (ORU) secara mandiri di kampus yang dimulai September 2019 dan kerjasama dalam mendidik masyarakat, khususnya masyarakat nelayan dalam penggunaan frekuensi radio yang diijinkan agar tidak mengganggu komunikasi pelayaran niaga dan kedinasan.(sgi)
 

BERITA REKOMENDASI