Poncowolo Kampung Siaga Covid Hebat

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Kampung Poncowolo Timur II Kelurahan Pendrikan Semarang Tengah, ditetapkan sebagai Kampung Siaga Covid Hebat karena mampu memiliki regulasi dalam penerapan sistem protokol kesehatan dalam mengantisipasi dan penanganan Covid-19 secara mandiri didukung perangkat setempat. Hal ini terlihat pada saat didatangi Tim Penjurian sekaligus Penilik dalam Lomba Kampung Siaga Covid-19 Kecamatan dan Kota Semarang, Selasa (15/9/2020).

Ketua RT, Sapari setempat mengungkapkan warganya punya semangat dalam membantu dan mendukung Pemerintah Kota Semarang dalam mengatasi dan menangani kasus Covid-19. Oleh karenanya ketika dari Kelurahan maupun Kecamatan melakukan langkah-langkah sosialisasi penanganan, warga sangat intens mengikuti. Hal tersebut menurut Sapari karena didasari semangat kepedulian terhadap sesama.

“Masker adalah wajib digunakan atau dipakai warga yang aktifitas di luar rumah, termasuk anak-anak. Kami juga melarang kerumunan tanpa jaga jarak. Selain itu di setiap rumah warga wajib disediakan sarana cuci tangan, sabun dan hansanitizer,” ungkap Sapari.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Pendrikan, Sertu Suyono sebagai pembina sekaligus pendamping Kampung Siaga Covid Hebat Poncowolo Timur II mengakui salut terhadap kekompakan warga. Mulai dari orangtua, pemuda maupun anak-anak kompak dan memiliki kesadaran untuk melaksanakn protokol kesehatan.

“Hal yang paling bisa dilihat adalah penerapan protokol kesehatan. Saya lihat dalam menyiapkan bantuan sembako untuk warga juga luar biasa. Sehingga saya nilai Kampung Poncowolo memiliki ketahanan pangan yang cukup kuat dalam menghadapi Pandemi Covid-19 ini,” ungkap Sertu Suyono.

Peran Babinsa dalam Kampung Siaga Covid Hebat ini menurut Suyono dilakukan bersama Bhabinkamtibmas. Mereka bersinergi merangkul warga untuk dijadikan sebagai kekuatan pendukung kebijakan pemerintah dalam hal penanganan dan penanggulangan Covid-19.

“Kami bersyukur warga dengan senang hati bertindak secara sukarela dalam mengatasi masalah nasional ini. Semangat kerjasama, saling menolong bangkit untuk membebaskan dari Pandemi Covid-19,” papar Suyono. (Cha)

BERITA REKOMENDASI