Pondasi Ambles, Jembatan Alternatif Desa Nawangsari Ditutup

KENDAL, KRJOGJA.com – Jembatan Penyeberang Orang dan Sepeda Motor yang berada di Desa Nawangsari ditutup. Sebab, pondasi jematan ambles dan jembatan yang sebelumnya perlintasan kereta tersebut mengalami penurunan. Selan itu ruas jembatan di bagian timur besi rel terangkat sehungga aspalpun ikut merekah. 

Siti Rodiyah warga Desa Nawangsari yang tinggal di sekitar jembatan mengatakan jembatan ditutup karena ambles dian ambles Minggu sore (12/1) sore sekitar Pukul 15.00 WIB, saat itu terdengar gemuruh dan dirinya langsung menutup jembatan bersama warga.

"Saat kejadian tidak hujan, namun minggu sore terdegar suara gemuruh dan saya lihat pondasi jembatan sebelah timur ambrol, bersama warga saya menutup jembatan dengan kayu agar tidak dilalui,"ujar Rodiyah. Jembatan bekas rek kereta yang diatasnya dipasang kayu dan dibuat jembatan ini berfungsi untuk penyeberangan sepeda motor dan pejalan kaki dan merupakan jalan pintas. jembatan yang membentang di atas Kali Bulanan ini menghubungkan beberapa desa.

Kepala desa Nawangsari Ali Ridho saat meninjau jembatan Senin (13/1) menjelaskan jembatan tersebut menghubungan Desa Nawangsari dengan Desa Sumberangung, Desa weleri, Desa Bumiayu hingga sejumlah kecamatan seperti Kecamatan Ringinarum dan juga Kecamatan Gemuh. 

"Meski kecil namun berfungsi alternatif dan mempercepat ketika mau ke weleri dan sebaliknya, jembatan ini pernah putus dan beberapa bulan yang lalu dan oleh desa sudah diperbaiki," ujar Ali Ridho. (Ung)

BERITA REKOMENDASI