Potensi Kerugian Negara Rp 3,18 Miliar, Bea Cukai Kudus Musnahkan 8 Ton Rokok Ilegal 

Editor: Ary B Prass

KUDUS, KRJOGJA.com– Kantor Pengawasan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Time Madya Kudus, Rabu (17/11/2021) memusnahkan 8 ton rokok ilegal dari jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) sebanyak 4,7 juta  batang dan
Sigaret Kretek Tangan (SKT) 31 ribu batang. Barang bukti lain yang
dimusnahkan yaitu dua karung etiket, dua karung plastik OPP, dua unit alat pemanas, dan 1.200 mililiter (ml) Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA).
Pemusnahan rokok ilegal yang telah ditetapkan menjadi Barang Milik
Negara (BMN) merupakanhasil dari 53 penindakan periode Desember 2020 hingga September 2021. BMN yang dimusnahkan sebagian besar merupakan rokok tanpa cukai atau rokok polos, dan sisanya rokok dengan pita cukai palsu siap edar.
Pemusnahan dilakukan secara simbolis dengan cara  dibakar di halaman KPPBC setempat. Sedang barang bukti lain diangkut enam truk dan ditimbun di tempat pembuangan sampah akhir (TPA) di Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo Pati.
Hadir dan ikut melakukan pembakaran Kepala Kantor ‎Wilayah Direktorat
Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) M Purwantoro, Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Semarang Partolo, Plt  Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai yang juga PLT Kepala KPPBC Tipe Madya Kudus Sutopo Ari Subagyo, Bupati Kudus HM Hartopo, Ketua DPRD Kudus Mas’an, serta anggota Forkopimda Kudus. Rokok ilegal yang dibakar dan dimusnahkan kali ini, jumlahnya lebih sedikit dibanding tahun lalu sebanyak 19 ton.

BERITA REKOMENDASI