PPM Demak Siapkan Tim Siaga Bencana

Editor: Agus Sigit

DEMAK KRJogja.Com – Markas Cabang Pemuda Panca (PPM) Kabupaten Demak menyiapkan Tim Siaga Bencana dengan mendidik beberapa anggota dari Resimen Yudha Putra di bidang Penanggulangan dan Penangnan Bencana Alam. Pendidikan dan Pelatihan ini digelar di Hutan Palir Ngaliyan Semarang, Jumat (29/10/2021) lalu.

Ketua Markas Cabang PPM Kabupaten Demak, Etty Ismini, Senin (1/11/2021) mengungkapkan anggotanya mendapat pelatihan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah. “Meski selama sehari namun materi dasar yang diberikan cukup bisa memberi kemamuan dasar dalam menghadapi kebencanaan. Harapan kami, dengan kemampuan yang dimiliki setiap anggota Resimen Yudha Putra, bisa untuk membantu masyarakat yang tertimpa bencana dan membantu pemnerintah melakukan upaya penanganan,” ungkap Etty Ismini.

Meski peserta yang mengikuti pelatihan terbatas, Etty berharap personil yang dikirim mengikuti pelatihan bisa menularkan ilmunya kepada anggota lain nantinya. Adapun personil yang sudah mengikuti pelatihan, akan menjadi leader dalam pembentukan Tim Siaga Bencana PPM Kabupaten Demak.

“Tim Siaga bencana ini kami siapkan untuk membantu pemerintah. PPM dengan Yudha Putranya siap mendharma baktikan tenaga dan kemampuan mendukung pemerintah membantu masyarakat yang membutuhkan, terutama dalam situasi bencana. Selain itu kami juga perintahkan agar setiap personil PPM dan Yudha Putra memiliki kepedulian terhadap lingkungan masing-masing. Salah satunya dengan menginventarisir potensi kerawanan bencana. Inventarisir dan segera laporkan kepada pihak terkait. Selain itu juga membantu penyiapan cara-cara penanganan bila terjadi bencana,” ungkap Etty Ismini.

Langkah Macab PPM Demak ini mendapat support Pengurus Daerah PPM Jawa Tengah. Ketua PD PPM Jawa Tengah, Hj Gatyt Sari Khatidjah SH MM berharap Gerakan Siaga Bencana ini juga diikuti seluruh Cabang di Jawa Tengah.

BERITA REKOMENDASI