PPM Peringati Pancasila Sakti di Monumen Pierre

Editor: Agus Sigit

SEMARANG KRJogja.Com – DPD Pemuda Panca Marga (PPM) Jawa Tengah dan Cabang Semarang, Jumat (1/10/2021) menggelar peringatan Hari Pancasila Sakti (Hapsak) dan mengenang tragedi Gestapu atau G30S/PKI terhadap 7 pahlawan revolusi.

Peringatan dilakukan di Monumen atau Patung Piere Tendean di Jalan Piere Tendean dengan peletakan karangan bunga dan hening cipta.

Bertindak sebagai inspektur upacara Sekretaris DPD PPM Jateng, Adhi Siswanto Wisnu Nugroho SPd STh mewakili Ketua DPD PPM Jateng Hj Gatyt Sari Chatidjah SH MM dan Komandan Upacara H Rusman Sayoga.

Hj Gatyt Sari Chatidjah SH MM dalam amanatnya menekankan bahwa keluarga besar Pemuda Panca Marga memiliki tekad dan semangat melanjutkan pewarisan nilai-nilai juang dan semangat bela negara dan mempertahankan ideologi Pancasila.

” Tragedi G30S/PKI merupakan tragedi terburuk yang dialami bangsa ini atas upaya PKI merongrong kedaulatan negara dengan memaksakan ideologi komunis. Banyak korban dalam peristiwa itu, antara lain para ulama dan para perwira TNI AD dan anggota Kepolisian. Hendaknya ini menjadi pengalaman yang tidak boleh terulang kembali,” ungkap Gatyt dalam amanat yang dibacakan Adhi Siswanto.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 digelar di Monumen Piere Tendean, salah satu pahlawan revolusi yang gugur dalam pembunuhan perwira TNI AD di Jakarta pada 30 September 1965.

Gatyt juga berharap generasi PPM yang merupakan anak biologis Legiun Veteran RI menjadi bagian dalam garda terdepan benteng Pancasila.

“Mari kita jaga NKRI dengan mengikis faham-faham yang berpotensi mendegradasi Pancasila. Kita sekarang dihadapkan pada radikalisme kiri dan kanan. Semuanya berpotensi mendegradasi dan bahkan bertentangan dengan Pancasila sebagai ideologi bangsa yang telah disepakati oleh para pendahulu. Oleh karenanya, PPM harus menjaga dengan menutup potensi penyebaran faham-faham radikal dan intoleran,” ungkap Gatyt.

Usai upacara peringatan secara sederhana dan prokes, kegiatan dilanjutkan dengan Bhakti Sosial pembagian Nasi Bungkus dan masker kepada masyarakat.Bhakti Sosial ini didukung Forum Komunikasi Organisasi Massa (Forkomas) RI dipimpin Sekretaris Irwan.

Irwan mengatakan, Forkomas RI mendukung Pemuda Panca Marga (PPM) dalam kegiatan peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan doa untuk Pahlawan Revolusi. Hal ini menurutnya sejalan dengan semangat bela negara dan cipta tanah air.

Ketua Markas Cabang PPM Kota Semarang Lisyawati Iswar Amunuddin yang hadir bersama personil Resimen Yudha Putra akan menjadikan tradisi setiap upacara peringatan Hapsak di Monumen Piere Tendean.

“Piere Tendean, salah satu Pahlawan Revolusi adalah berasal dari Kota Semarang. Dulu rumahnya di Jalan Imam Bonjol yang sekarang jadi kantor atau rumah keuskupan agung. Dengan peringatan ini semoga kita bisa mengambil hikmah dari peristiwa sejarah tersebut,” ujar Listyawati. (Cha)

 

BERITA REKOMENDASI