Prajurit Dwikora ini Terkenang Kawan yang Gugur

TANGIS haru tak bisa ditahan oleh Yohanes Soetiman (81) mantan prajurit KKO TNI AL Veteran Dwikora saat bertemu dan mengetahui rekan veterannya di Macab LVRI Kota Semarang, Kapten CPM Purn Sanjoto (90) ternyata adalah prajurit yang juga terlibat dalam Dwikota mengawal Letjen TNI Achmad Yani.

“Saya baru tahu setelah Pak Sanjoto diulas di KRJogja.Com beberapa waktu lalu. Pak Sanjoto ternyata yang mengawal Pak Jenderal Achmad Yani saat di Singkawang sewaktu sho of forces dalam ulang tahun Abri kala itu. Saya ingat waktu itu kami semua dalam persiapan konfrontasi dengan Malaysia. Masuk menyusup Malaysia melalui Sabah,” ujar Yohanes Soetiman.

Setiap saya bertemu teman-teman Dwikora saya selalu teringat nasib teman-teman saya yang sewaktu pendaratan pasukan amphibi ikut tenggelam bersama tank amphibi. Sewaktu itu saya mendarat terlebih dahulu satu regu. saya menunggu pasukan pendarat selanjutnya. Setelah saya mengamankan pantai, kawan-kawan saya tak pernah sampai di pantai dan tiga hari kemudian baru ketemu jasadnya masih berada di dalam tank amphibi yang tenggelam di dasar laut,” ungkap Soetiman tak bisa menahan air matanya.

Kisah itu seolah diceritakan pada Sanjoto yang juga sangat paham kondisi kala itu. Saat Dwikora, Sanjoto adalah prajurit Corps Polisi Militer yang ikut serta mengamankan dan mengawal Jenderal Achmad Yani dan sejumlah perwira tinggi lainnya.

BERITA REKOMENDASI