Presiden Resmikan Sekolah Vokasi Undip: Magang Industri Minimal 1 Semester

SEMARANG,KRJOGJA.com-Presiden RI Joko Widodo meresmikan gedung sekolah vokasi Undip melalui sarana online zoom dari Istana Bogor, Rabu (26/8/2020).

Menurut Presiden, pendidikakan vokasi menempati posisi penting dalam pengembangan SDM kita, dan perguruan tinggi (PT) menempati posisi sangat sentral karena PT punya ekosistem pembelajaran yang baik, penguasaan iptek dan potensial untuk mengembangkan berbagai inovasi.

“Tetapi diakui di luar PT ada industri yang langsung bekerja di lapangan, yang praktek langsung di lapangan, ada ekosistem kewirausahaan, ada riset dan pengembangan dan ini sumber pembelajar yang baik bagi generasi muda apalagi dalam pendidikan vokasi. Saya menyambut baik bantuan group Astra dan Sinar Mas pada Undip dalam bentuk gedung bagus, serta infra struktur pendukungnnya untuk pendidikan vokasi di Undip” ujar Presiden.

Lebih lanjut menurut Presiden, perlu didukung dan apresasi inisiatif bantuan inudtsri untuk kampus tersebut. Tetapi selain penyediaan infra struktur dalam kampus yang juga penting adalah akses mahasiswa untuk magang, untuk belajar sambil bekerja di industri selama minimal 1 semester. Karena inti kebijakan “merdeka belajar kampus merdeka” itu mahasiswa diberi akses dan didukung untuk belajar kepada siapa saja dan di mana saja yang bisa memberikan pengetahuan dan ketrampilan baru yang relevan yang dibutuhkan masyarakat dan industri.

“Pemerintah sedang bekerja keras bagun kawasan kawasan industri, salah satunya kawasan industri terpenting adalah kawasan industri di sepanjang koridor ekonomi pantura Jawa. Koridor ini dilengkapi ketersediaan akses logistik yang baik, tol darat tersambung baik, tol laut udara, dekat pelabukan dan bandara, juga ketersediaan litsrik melimpah di Pulau Jawa. Industri di kawasan ini didorong kerjasama dengan lembaga pendidikan, terutama vokasi. Kita dorong industri di kawasan ini sinergi dengan pelaku UMKM untuk bangun sinergi kekuatan nasional. Saya mengajak semua pihak terkait, industri, UMKM, perguruan tinggi memanfaatkan momentum pengembnagan kawasan industri sebagi ajang sinergi untuk lompatan kemajuan. Oleh karena itu inovasi model kerjasama harus terus dikembangkan, masing masing pihak harus buka diri untuk berubah, untuk menemukan cara cara baru, menemukan model kerjasama baru saling menguntungkan dan menghasilkan nilai tambah maksimal untuk ekonomi nasional” ujar Presiden.

Sementara itu Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum menyampaikan gedung sekolah vokasi Undip yang diresmikan Presiden merupakan hibah dunia industri (Astra Group dan Sinar Mas Group).

“Bantuan hibah ini menunjukkan kepedulian industri pada perkembangan pendidikan vokasi di Indonesia. Sesungguhnya banyak hubungan sinergis menguntungkan keduanya. Tidak hanya sarana prasarana saja tetapi juga peningkatan kualitas SDM vokasi lewat magang industri dan bantuan pengajar praktisi industri dalam proses pendidikan vokasi. Ini sejalan dengan kebijakan Kemendikbud dalam kampus merdeka merdeka belajar. Sinergi kuat keduanya serta dukungan kebijakan pemerintah, tidak mustahil bisa mencetak SDM unggul lebh cepat tercapai” ujar Rektor.

Menurut Rektor, gedung vokasi Undip menerapkan konsep green building yang mengedepankan safe energi dan water treatment.Juga ramah bagi difabel sebagai kepedulian serta toleransi sebagai wujud wujud pengamalan nilai Pancasila. Rektor mengapresiasi Astra dan Sinar Mas dalam pemberian hibah tersebut.

“Gedung 4 lantai seluas 4.900 meter persegi dengan ruang atap terbuka, menggunakan panel surya untuk mengurangi green house effect serta ramah bagi disabilitas” ujar Rektor. (sgi)

BERITA REKOMENDASI