Prodi Gizi Unimus Gelar Kuliah Tamu, Undang Pakar Malaysia

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJOGJA.com – Program Studi Gizi Fakultas Keperawatan dan Kesehatan (Fikkes) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) bekerja sama dengan Management and Science University Malaysia (MSUM) menggelar kuliah tamu ‘space analysis in food service facility desain and layout’ bagi mahasiswa Unimus. Pembicara kuliah tamu Rafeah Binti Taib Ali dari MSUM Malaysia dan pakar dari Prodi Gizi Universitas Muhammadiyah Semarang, Hagnyonowati, SKM, M. Si. serta moderator Hersanti Sulistyaningrum SGz MGz, Rabu (8/6/2022).

Food service management adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang ahli gizi. Seringkali disebut dengan nama penyelenggaraan makanan massal.
Kuliah tamu ini berfokus pada penyelenggaraan makanan terutama pada “Analisis Design dan Layout pada Institusi Penyelenggaraan Makanan”.

Institusi penyelenggara makanan massal sangat komplikatif karenanya harus selalu mengikuti perkembangan ilmu terkait penyelenggaraan makanan. Mahasiswa calon lulusan gizi harus dibekali ilmu ini secara teori maupun praktik. Keilmuan ini tidak hanya dibekali dari lingkup nasional tetapi juga internasional untuk memberikan wawasan lebih luas bagi mahasiswa, sehingga mahasiswa memiliki gambaran secara jelas dunia kerja di bidang kompetensi foodservice di ranah internasional.

“Agar penyelenggaraan mkn dapat berjalan optimal maka ruangan, peralatan dan perlengkapan instalasi gizi rumah sakit perlu direncanakan dengan baik dan benar. Dalam perencanaan sarana fisik/bangunan untuk unit pelayanan gizi rumah sakit, perlu kesatuan pemikiran dan perencanaan dgn pihak manajemen terkait” ujar Hagnyonowati.

Lebih lanjut menurutnya, diperlukan tim yang memiliki keahlian yg berbeda-beda yang secara langsung akan memanfatkan hasil rancangannya. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI