Prodi Pendidikan Profesi Dokter Unika Terima Akreditasi Baik

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com – Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang memperoleh nilai Baik dalam akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi (LAM-PTKES).Visitasi Akreditasi tersebut Program Studi tersebut dilaksanakan awal Januari 2022.

Dekan Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata dr Indra Adi Susianto MSi Med SpOG dan Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Dokter FK Unika dr Fransisca Pramesshinta Hardimarta MSi Med kepada pers Rabu (9/2/2022) menjelaskan FK Unika Soegijapranata telah menyelesaikan asesmen lapangan dari tiga asesor dan telah terakreditasi sembilan kriteria. Akreditasi sangat diperlukan agar proses pendidikan terutama di Fakultas Kedokteran ini benar-benar mengacu pada standar nasional pendidikan tinggi.

“Ada beberapa rekomendasi dari LAM-PTKES, terutama dari sisi pembelajaran yang menjadi kekhasan FK Unika yaitu mahasiswa sejak awal ditanamkan nilai-nilai Mgr Soegijapranata dan diharapkan para calon dokter itu nantinya juga memiliki hati, sehingga diharapkan tidak hanya bisa bekerja tetapi juga memiliki empati terhadap para pasien dan masyarakat. Sehingga perlu dilakukan upaya terus menerus untuk bisa menghasilkan kontribusi yang nyata saat mereka terjun ke masyarakat” ujar Dekan.

Kaprodi juga menyampaikan dalam rangka visitasi ini, Prodi telah mempersiapkan sejak satu tahun sebelumnya. Termasuk di antaranya dari sisi pembelajaran, keselarasan dengan visi misi universitas, fakultas hingga ke prodi, turun ke pembelajaran sampai roadmap penelitian maupun pengabdian untuk dosen dan mahasiswa dengan kekhasan FK Unika yang fokus pada DTPK (Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan). (Sgi)

BERITA REKOMENDASI