Prodi S1 Statistika Unimus dengan BMKG Stasiun Klimatologi Kelas 1 Semarang Inisiasi Kerjasama

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com- Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melakukan rapat koordinasi dengan BMKG Stasiun Klimatologi Kelas 1 Semarang akhir bulan lalu. Kegiatan dilaksanakan secara virtual dan diinisiasi oleh Program Studi S1 Statistika FMIPA Unimus.

Rapat koordinasi tersebut juga difasilitasi oleh Lembaga Kerjasama, Kehumasan, Keprotokoleran & Urusan Internasional (LK3UI) Unimus. Pada kegiatan tersebut hadir para pimpinan dan perwakilan masing-masing institusi yaitu Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas 1 Semarang Sukasno STP MM, Kepala Seksi Data dan Informasi Sta. Klim. Kelas I Semarang Iis Widya Harmoko SKom MKom, Kepala Bagian Tata Usaha Sta. Klim. Kelas I Semarang Wahyu Prasetya Adi SSi MM, serta perwakilan dari BMKG pusat yaitu Kepala Sub Bagian Kerjasama Dalam Negeri, Mega Widia Astuti SH MH.

Sedangkan dari pihak Unimus, hadir Kepala Lembaga (LK3UI) Unimus M Yusuf PhD beserta para staff; Dekan FMIPA Dr Eny Winaryati MPd, Ketua Program Studi S1 Statistika Indah Manfaati Nur MSi dan seluruh dosen Program Studi S1 Statistika Unimus.

BMKG Stasiun Klimatologi Kelas 1 Semarang merupakan koordinator BMKG se-Jawa Tengah. Adapun beberapa UPT BMKG di lingkup Jawa Tengah antara lain Stasiun Meteorologi Ahmad Yani, Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang, Stasiun Meteorologi Tegal, Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, dan Stasiun Geofisika Banjarnegara. BMKG Stasiun Klimatologi Kelas 1 Semarang memiliki tupoksi yaitu melakukan pengamatan unsur-unsur cuaca dan memberikan informasi tentang iklim dan kualitas udara.

Pada kesempatan tersebut dipaparkan beberapa produk informasi yang dihasilkan oleh BMKG antara lain produk informasi meteorologi meliputi prakiraan cuaca harian, prakiraan pasang surut, prakiraan cuaca maritim, peringatan dini cuaca ekstrem, dan peringatan dini gelombang tinggi. Produk informasi klimatologi meliputi prakiraan hujan bulanan, prakiraan awal musim, prakiraan puncak musim. Sedangkan produk geofisika meliputi sensor gempa, kerapatan petir, peringatan dini tsunami, dan informasi terkait terbit dan terbenam matahari. Termasuk informasi potensi kebencanaan hidrometeorologi.

Kegiatan pengembangan kerjasama atau kemitraan antara UNIMUS dengan BMKG Stasiun Klimatologi Kelas 1 Semarang merupakan bagian dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang berhasil diraih oleh Unimus tahun 2021. Adapun bentuk kerjasama yang direncanakan meliputi bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu, Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat serta terkait rencana implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dalam rapat koordinasi disimpulkan pada prinsipnya kedua belah pihak memiliki kesamaan pandang terkait dukungan bagi kemajuan dunia pendidikan dan gagasan “merdeka belajar”, yang akan dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman atau perjanjian kontrak guna mencapai kesuksesan bersama yang lebih besar. Sinergi antar elemen menjadi kunci dalam memainkan perannya masing-masing. Prinsip kemitraan yang dibangun didasarkan pada kesamaan perhatian (common interest) atau kepentingan, adanya sikap saling mempercayai dan saling menghormati, tujuan yang jelas dan terukur, dan komitmen untuk menyediakan waktu, tenaga, maupun sumber daya yang lain. Serta prinsip-prinsip kemitraan yang meliputi aspek persamaan (equality), keterbukaan (transparancy) dan saling menguntungkan (mutual benefit). (sgi)

BERITA REKOMENDASI