Prof Mudrajad Kuncoro Apresiasi Jateng Berhasil Melawan Pandemi dan Resesi

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com)- Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menggelar webinar tentang “Strategi Jawa Tengah Melawan Pandemi dan Resesi” di ruang webinar Prodi Statistika Fakultas MIPA Unimus , Selasa (28/9/2021).

Webinar yang dibuka Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi MPd dengan moderator Indah Manfaati Nur Ssi Msi (Kaprodi S1 Statistika Unimus) ini menampilkan dua pembicara utama yaitu Prof Mudrajad Kuncoro PhD (Guru Besar dan Ekonom FEB UGM, Rektor Universitas Trilogi) dan Sentot Bangun Widoyono MA (Kepala BPS Jateng).

Saat membuka webinar, Rektor Unimus menyampaikan pandemi Covid-19 sudah hampir 2 tahun terjadi sehingga makin lama masyarakat makin terbiasa dan beradaptasi dengan pandemi. Tidak seperti awal awal masa pandemi, saat ini pandemi sudah mulai menururun signifikan.

“Kami berharap pandemi segera berakhir dan kembali normal sehingga ekonomi bangkit dan normal kembali. Selama ini pandemi banyak merombak tatanan kehidupan di masyarakat. Seminar ini tepat dilaksanakan secara daring” ujar Rektor.

Pada webinar tersebut Prof Mudrajad Kuncoro PhD banyak menyampaikan berbagai faktor keunggulan Propini Jateng yang menjadikan propinsi ini “lari kencang” dan berprestasi dalam kancah pembangunan ekonomi nasional serta pembangunan bidang yang lain termasuk pendidikan dan kesehatan. Tak luput pula peran Ganjar Pranowo sebagai gubernur yang bisa membawa Jateng urutan 4 nasional dalam menyumbang Pendapatan Domestik Bruto (PDB) meski penduduknya tidak sangat banyak, begitu juga tidak begitu banyak sumber daya alamnya.

“Biasanya yang urutan atas atas penyumbang PDB itu berciri dua, kalau tidak jumlah penduduknya banyak seperti DKI, Jabar, Jatim, Banten, atau sumber daya alamnya melimpah seperti Riau, Kaltim dan lain lain. Jateng dalam kritera dua itu tidak begitu sangat banyak tetapi karena perencanaan pembangunan, pelaksanaan, kepemimpinan pemimpin dan sejumah faktor lain maka bisa menduduki peringkat 4 penyumbang PDB terbesar nasional. Saya juga tertarik nulis buku saya yang ke 69 ini tentang “Strategi Jawa Tengah Melawan Pandemi dan Resesi” bersama Kepala BPS Jateng dan kawan kawan salah satunya karena Jateng juara satu pembangunan daerah tahun 2020 kategori perencanaan pencapaian pembangunan terbaik Bappenas, Juga Kota Semarang juara satu kategori kota dan Kabupaten Temanggung juara kategori kabupaten terbaik” ujar Prof Prof Mudrajad Kuncoro PhD, dosen yang sangat produktif dengan menulis puluhan buku, puluhan jurnal, artikel ilmiah maupun artikel untuk media massa ini. (sgi)

BERITA REKOMENDASI