PSU Unika Kaji Kepekaan Kota Terhadap Bencana  

SEMARANG,KRJOGJA.com-Pusat Studi Urban (PSU) LPPM Unika Soegijapranata mengadakan seminar online (webinar) menghadirkan 4 narasumber dari bidang ilmu dan profesi yang berbeda yaitu Dr Ing Wiyatiningsih, Robertus Aji Nugroho PhD, Samsidar, dan Weslly Johannes dengan topik “Membangun Kepekaan Kota Terhadap Bencana”, Selasa (21/7/2020).

Ketua PSU LPPM Unika Soegijapranata Dr Trihoni Nalesti Dewi menyatakan pemilihan tema seminar berkaitan erat dengan bencana di Indonesia dan bagaimana pencegahan serta penanggulangannya. Perencanaan tata kota di Indonesia menurutnya dalam situasi darurat artinya tidak siap menghadapi situasi bencana, apalagi bencananya itu terjadi secara simultan atau bersamaan. Situasi bencana yang sedang dihadapi ini, juga terkait dengan resiko-resiko bencana alam lainnya, mendorong untuk berpikir bagaimana membangun tata kota yang peka terhadap bencana dari sisi makro maupun mikronya.

Webinar dipandu moderator Dr Antonius Maria Laot Kian MHum yang juga Ketua Pusat Kajian HAM dan Antikorupsi FHK Unika Soegijapranata. Dalam pengantarnya, dirinya mengulas tentang urgensi perlunya membangun kepekaan terhadap bencana terutama di daerah kota.

BERITA REKOMENDASI