Puluhan Alumni PCTA Kumpul, Kembali Gelorakan Cinta Tanah Air

SEMARANG, KRJOGJA.com – Sekitar 130 alumni Parade Cinta Tanah Air (PCTA) binaan Kantor Kementrian Pertahanan RI Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (3/8/2019) berkumpul di Kantor Kemhan RI Wilayah Provinsi Jateng. Mereka mendapatkan pembinaan dan pengarahan langsung dari Marsekal Pertama TNI Latif Ainul Yaqin SE MM, Kakanhan Provinsi Jateng. 

Para alumni merupakan tim Parade Cinta Tanah Air (PCTA) yang dikirim dari sekolah-sekolah SMU dan Perguruan Tinggi se-Jawa Tengah. mereka mendapatkan pembekalan berkaitan dengan materi bela negara untuk memupuk rasa cinta tanah. 

"Para alumni ini merupakan kader-kader bela negara yang merupakan kepanjangan tangan Kementrian Pertahanan RI dalam mendidik dan menyebarkan virus bela negara di kalangan generasi muda. Mereka inilah yang akan menyebarkan dan menanamkan semangat bela negara di lingkungan masing-masing," ungkap Marsma TNI Latif Ainul Yaqin. 

Menurutnya sekarang ini perlu melandasi generasi muda dengan sikap-sikap patriotisme dan nasionalisme. Hal ini mengingat potensi ancaman yang bakal merongrong kedaulatan negara makin masif dan berkembang dari dalam. Kesadaran bela negara perlu dibangunkan dalam tataran menanamkan pola pikir yang akan melahirkan tindakan pewaspadaan dan pencegahan. 

Bela negara menurutnya tidak saja yang berkaitan dengan perlawanan dengan mengangkat senjata, tetapi membangunkan kesadaran melindungi setiap aspek pertahanan dari potensi ancaman. "Adik-adik berbuat baik pada masyarakat dan mengedepankan kepentingan umum itu pun merupakan bentuk dan bagian dari bela negara. Bela negara merupakan tindakan melindungi segenap bangsa dan negara", tegas Latif. 

Potensi ancaman yang makin nyata dan merusak negara antara lain, ideologi yang bertentangan dengan Pancasila, radikalisme dan intoleran, juga narkoba yang mulai mempengaruhi dan merusak generasi muda. Semua itu hanya bisa dilawan dengan menanamkan kesadaran untuk menolak dan melawannya. 

Para alumni PCTA menurut Latif merupakan kader terbaik generasi muda yang memiliki cara pandang dalam perspektif bela negara. Beberapa telah menelurkan ide-ide kreatif yang bermanfaat membantu masyarakat, seperti alumni PCTA dari Universitas Tidar Magelang, SMA Negeri 2 Wonogiri dan SMA Negeri 1 Boyolali.
Temu Alumni selain diisi Sarasehan Bela Negara juga dimeriahkan kegiatan outbound dan diawali olah raga bersama dan jalan sehat. (Cha)

BERITA REKOMENDASI