Puskesmas Gubug I Naik Kelas Jadi RSUD

GROBOGAN, KRJOGJA.com – Puskesmas Gubug I tahun 2019 ini berubah status menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D. Puskesmas yang terletak di tepi Jalan Raya Gubug-Semarang tersebut telah dilengkapi berbagai sarana dan prasaran yang memadai, termasuk jumlah tenaga medis.

“Sudah kita benahi dengan anggaran sekitar Rp 10 miliar. Diharapkan, masyatakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan tidak perlu jauh datang ke Purwodadi atau Semarang,” ujar Bupati Grobogan Hj Sri Sumarni SH MM, Selasa (13/08/2019).

Selain Puskesmas Gubug I menjadi RS Tipe D, Pemkab Grobogan juga telah membangun RS baru, yakni RSUD Ki Ageng Selo di Kelurahan Kunden Kecamatan Wirosari. Pembangunan RSUD tersebut sudah dimulai tahun 2018 lalu. “Tahun 2019 ini pembangunannya kita lanjutkan. Pada pembangunan tahap I dialokasikan dana APBD Grobogan sebesar Rp 23,7 miliar dan tahap II sebesar Rp 15 miliar. Kita rencanakan tahun 2020 RSD tersebut sudah bisa beroperasi melayani masyarakat,” ungkapnya.

Dengan adanya dua rumah sakit tipe D tersebut, pihaknya berharap bisa mengurangi angka kematian ibu dan anak saat proses persalinan, serta bisa meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga yang tempat tinggalnya jauh dari ibukota kabupaten. (Tas)

BERITA REKOMENDASI