Rajin Operasi, Prajurit TNI Kini Makin Tertib

SEMARANG (KRjogja.com) – Aparat Corps Polisi Militer (CPM) Denpom IV/5 Semarang yang setiap waktu rutin menggelar Penegakan Hukum & Tata Tertib (Gakkumplintatib) Militer di wilayah hukumnya mengaku makin sedikit menemukan pelanggaran yang dilakukan oknum prajurit TNI.

Hal ini diungkapkan oleh Komandan Denpom IV/5 Semarang, Letkol CPM Ahmad Barkah di Markan Denpom jalan Pemuda Semarang, Jumat (9/9/2016) kepada wartawan.

“Dalam delapan bulan terakhir kami menggelar operasi Gaktib secara rutin pernah 3 bulan berturut-turut tak menemukan seorang pun pelanggar. Padahal operasi kami gelar hampir setiap hari dengan sasaran wilayah yang berpindah-pindah.  Sedangkan diluar tiga bulan tersebut kami hanya menemukan pelanggar rata-rata setiap bulan satu prajurit, itupun pelanggarannya menyangkut disiplin berlalu-lintas. Kebanyakan mereka membawa surat-surat yang telah mati, seperti SIM dan STNK," ungkap Letkol CPM Ahmad Barkah.

Didalam menggelar operasi, pihaknya yang selalu dibantu oleh unsur terkait seperti Polisi Militer TNI AL, Provoost Satuan dan Polri memang tidak mendasarkan dengan pencarian pelanggar sebanyak-banyaknya. Namun lebih bersifat penegakan, dimana mendapatkan pelanggar langsung diproses saat itu juga.

Dalam penegakan hukum dan tata tertib militer, Denpom IV/5 Semarang sebelumnya telah melakukan sosialisasi dibantu unsur pimpinan satuan-satuan. Sosialisasi tersebut menurut Letkol Ahmad Barkah berimpact positif pada kesadaran prajurit untuk memahami hukum dan tata tertib sebagai prajurit TNI.

Makin tingginya kesadaran hukum dan tata tertib prajurit TNI selain karena penekanan sanksi yang lebih berat disbanding pelanggaran yang dilakukan masyarakat sipil, juga karena makin membaiknya kesejahteraan yang diberikan kepada prajurit. (Cha)

TNI

BERITA REKOMENDASI