Rally Pimpin Koesplus Mania Semarang

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Rally Juniore resmi memimpin Koes Plus Mania Semarang (KPMS) setelah dikukuhkan oleh M Natsir, Ketua Jiwa Nusantara Pengurus Wilayah Jawa Tengah, Minggu (11/04/2021) malam di Kartika Bistro, Museum Mandala Bhakti Semarang. Acara pengukuhan dihadiri seluruh insan Jiwa Nusantara, wadah fans Koes Plus Jawa tengah dan Kota Semarang, termasuk P2K (Persatuan Penggemar Koes Bers dan Koesplus) Semarang.

M Natsir berharap Kepengurusan Jiwa Nusantara Koes Plus Mania Semarang setelah dikukuhkan bisa langsung bekerja dan membantu mengkonsolidasikan dan mengkoordinasikan PP Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu atau Musik yang baru saja ditandatangani Presiden Indonesia Ir H Joko Widodo kepada berbagai pihak yang berkaitan.

“Ini merupakan tantangan tersendiri bagi kami, Jiwa Nusantara tingkat Jawa Tengah maupun KPMS punya tugas yang tak ringan berkaitan dengan PP No 56 Tahun 2021. Karena banyak para grup-grup band pelestari Koes Plus yang akan terimbas bisa tidak dikonsolidasikan bersama pihak terkait,” ujar M Natsir.

Ia menambahkan nantinya setiap ada gelaran musik Koes Plus, dimana membawakan lagu-lagu Koes Plus harus membayar royalti kepada pemilik atau pemegang hak cipta, atau pada ahli warisnya yang berhak. Sehingga bila tampil di kafe-kafe maka kafe maupun grub band wajib membayar royalti. Oleh karena itu kaitan ini perlu dibahas, siapa yang harus membayar. Apakah grub band atau pemilik kafe

Sementara Rally Juniore menyatakan siap mengemban amant dari Jiwa Nusantara. Sebagai komunitas pecinta Koes Plus dirinya bersama teman-teman fans tentu akan membantu keluarga besar Koeswoyo. Selain sebagai pelestari karya legendnya, juga akan tunduk pada aturan pemerintah berupa PP No 56 Tahun 2021.

“Semua itu ada dampak plus dan minusnya. Pemerintah membuat peraturan tentu ada tujuan positif untuk melindungi hak cipta. Menurut kami perlu kita dukung dan komunikasikan agar saling menguntungkan,” ujar Rally. (Cha)

BERITA REKOMENDASI