Ratusan Karyawan Damatex di-PHK Tanpa Pesangon

Editor: KRjogja/Gus

SALATIGA, KRJOGJA.com – Sebanyak 237 karyawan pabrik tekstil PT Daya Manunggal Textile (Damtex) Salatiga ‘dirumahkan’ dan belum menerim uang pesangon sesuai Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker).  Wakil Ketua Serikat Pekerja Indonesia (SPSI) Salatiga Pudjo Asril REN mendatangi pressroom Pemkot Salatiga, Selasa (25/09/2018) untuk mengadukan masalah ini.

 

“Kami mewakili para karyawan Damatex Salatiga yang di PHK oleh perusahaan setahun lalu. Jumlahnya 237 orang dan belum diberi pesangon sama sekali. Kami menuntut agar pihak perusahaan segera memenuhi kewajibannya dan menghargai hak karyawan,” tandas Pudjo Asril kepada Krjogja.com, Selasa (25/09/2018).

 

Selain itu ia mengungkapkan, ratusan karyawan tersebut masih belum menerima hak sama sekali dan belum ada iktikad baik dari PT Damatex yang saat ini dipegang manajemen baru. Kemudian, bagi yang memang telah memasuki usia pensiun ada 6 orang yang belum menerima pesangon, namun diberi uang tunggu 50 persen gaji.

“Tetapi uang tunggu juga berhenti tidak diberikan lagi. Pesangon juga belum, seperti saya ini. Kami akan terus berjuang untuk memperjuangkan hak kami dan ratusan karyawan. Kami juga sepakat untuk meminta bantuan kepada pemerintah melalui Dinas Perindustrian da Tenaga Kerja Salatiga,” tandas Pudjo Asril REN.

Sementara sampai berita ini diturunkan, pihak manajemen PT Damatex Salatiga belum bisa dihubungi untuk diminta konfirmasinyanya. (Sus)

 

 

BERITA REKOMENDASI