Ratusan RTLH Digarap, Disiapkan Dana Rp 7,4 Miliar

SALATIGA, KRJOGJA.com – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Salatiga membangun dan menggarap ratusan rumah tak layak huni (RTLH) tahun 2019. Jumlahnya mencapai 300 rumah milik warga di 4 kecamatan. Jumlah dana yang disiapkan kurang lebih Rp 7,4 miliar bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) dan dana APBD Salatiga.

Plt Kepala Dinas PKP Salatiga, Eny Endang Surtini kepada KRJOGJA.com menjelaskan sesuai data base RTLH yg dibuat tahun 2017 terdapat 3.100 unit rumah tidak layak huni di Kota Salatiga. Dinas PKP pada 2017 menangani 246 unit  dengan dana APBD dan 160 unit dengan dana DAK (dana alokasi kusus).

Selanjutnya, program terus berjalan di tahun 2018 dilaksanakan rehab peningkatan kualitas  RTLH 58 unit dengan dana DAK, 30 unit dengan dana APBD.

“Saat ini untuk 2019 akan dilaksanakan peningkatan kualitas RTLH sebanyak 117 unit dengan dana DAK dengan menggunakan sistim bansos berupa uang maksimal Rp  15 juta setiap rumah. Dari dana APBD digunakan untuk peningkatan kualitas RTLH sebanyak 300 unit rumah dengan bantuan berupa material maksimal Rp  13 juta dan Rp 1,9 juta  untuk biaya tenaga,” jelas Eny Endang Surtini, Jumat (14/12/2018).

Dana bantuan berupa stimulan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan masyarakat wajib memiliki swadaya bisa berupa material maupun tenaga.

"Ada surat kesanggupan yang disampaikan ke dinas. Misalnya saja yang punya rumah RTLH ikut bekerja dan nimbrung. Apabila memiliki pintu kayu dan bahan lainnya bisa dipakai untuk RTLH digabungkan dengan bantu pemerintah,” tandas Eny Endang Surtini. (Sus)

 

 

BERITA REKOMENDASI