Realisasi PBB Kendal 74,34 Persen, Plososari Tertinggi

KENDAL, KRJOGJA.com – Target pencapaian Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kabupaten Kendal tahun 2017 mencapai 74,34 persen. Meski tidak begitu tinggi namun prestasi yang membanggakan. 

Pernyataan tersebut dikatakan oleh Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Kendal Tri Marti Handayani saat sosialisasi PBB Selasa (20/02/2018).

"Target tahun 2017 sebesar Rp. 19.8 Miliar dan angka pencapaian Rp 14,7 Miliar. Ini merupakan hasil yang membanggakan, masih banyak lahan bekas perusahaan yang tidak lagi beroperasi namun dan tidak mampu membayar PBB sehingga masih menjadi utang pajak,' ujar Tri Marti Handayani.

Target tahun 2018 menurut Antin panggilan akrabnya meningkat menjadi Rp. 24,7 Miliar karena ada penyesuaian Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP). Pihaknya juga akan memberikan reward kepada para petugas pajak seperti yang sudah diberikan. Untuk per lembat SPPT Pemkab akan meberika reward Rp. 1.000 per lembarnya.

 
Sementara itu Desa yang mencapai prosentase tertinggi dalam pencapaian adaah Desa Plososari Kecamatan Patean. Dari Rp. 122 Juta yang ditargetkan oleh Pemkab Kendal, Desa Plososari selalnu mencapai angka tertinggi dan lunas PBB paling awal. 

Kepala Desa Plososari Kecamatan Patean Suwardi mengaku sejak dirinya memimpin desa tahun 2008 selalu paling cepat dan paling tinggi pencapaian pajaknya. "Saya turun sendiri ke wajib pajak yang dan memantau melalui kadus, wajib pajak kami 5..134 jika ada.masalah saya langsung turun ke warga dan memastikan mereka membayar," ujar Suwardi. (Ung)

 

BERITA REKOMENDASI