Rektor Baru Unissula Targetkan 100 Profesor di 2027

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJOGJA.com– Pucuk pimpinan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang berganti. Menyusul pelantikan Prof Dr Gunarto SH MHum sebagai rektor Unissula periode 2022-2027 menggantikan Assoc Prof Drs Bedjo Santoso MT PhD oleh Ketua Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) Hasan Toha Putra MBA, Senin (31/1/2022).

Hasan Thoha Putra menyampaikan Unissula di bawah kepemimpinan pejabat sebelumnya berkembang dan maju. Dirinya-pun berharap di bawah kepemimpinan Prof Gunarto Unissula akan semakin maju, berkembang, dan membawa manfaat lebih untuk masyarakat.

Pada sambutan perdananya sebagai rektor, Prof Gunarto menyampaikan tekadnya akan sungguh- sungguh menjalankan amanah dari yayasan dan semua sivitas akademika Unissula. Dirinya-pun mencanangkan 7 program kerja (target) yang optimis dicapainya selama 5 tahun ke depan saat dirinya menjabat.

Di antaranya penguatan Budaya Akademik Islami (Budai) sebagai strategi pendidikan Unissula agar dosen, tendik, dan mahasiswa memiliki kompetensi, beriman, bertaqwa, berakhlak mulia menuju peradaban Islam yang adil, sejahtera yang diridhoi Alloh.

Juga mewujudkan pesantren mahasiswa khaira ummah. Semua mahasiswa baru difasilitasi menimba ilmu di pesantren mahasiswa 4 bulan yang direncanakan sebagai pusat pemantapan generasi khaira ummah, melaksanakan birul walidain, dan pembinaan kader dakwah yang memiliki kompetensi pengetahuan.

“Berikutnya penguatan penerapan manajemen Unissula Semarang berbasis syariah yang terintegrasi dan berimplikasi memberikan keberkahan kepada semua civitas akademika melalui penguatan komunikasi dengan Allah lewat tahajud dan sholat dhuha baik di kampus maupun di rumah, serta memperkuat silaturahim” ujar Prof Gunarto.

Target lain, meningkatkan kualitas institusi Unissula dengan mewujudkan akreditasi perguruan tinggi menjadi Unggul, seluruh prodi tahun 2027 terakreditasi A atau Unggul serta 40 prodi yang ada di Unissula terakreditasi internasional. Juga meningkatkan rangking Unissula menjadi PTS terbaik di Jateng dan masuk 10 besar perguruan tinggi Islam terkemuka di Indonesa.

“Kami mendorong pula di tahun 2027 Unissula akan memiliki 100 guru besar dari belasan guru besar yang saat ini dimiliki Unissula. Juga menjadi kampus teladan serta penerapan Unissula sebagai kampus yang Islamic, Green, Eco, dan Smart (IGES). (Sgi)

BERITA REKOMENDASI