Replika Kabah Lengkapi Masjid Agung Jateng

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Ketua Badan Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Prof Dr KH Noor Achmad MA, sebelum berbuka puasa bersama, Senin (11/06/2018) menyempatkan meresmikan miniatur Kabah yang dibangun di halaman samping kiri selasar Masjid Agung jawa Tengah, di Jalan Gajah Semarang.

"Pada hari ini diresmikan miniatur Kabah yang ada di Masjid Agung Jawa Tengah dengan maksud agar masayarakat yang hendak belajar rangkaian ibadah haji bisa di MAJT. Setelah bangunan replika Kabah, yang akan datang akan kami bangun makom Ibrahim, juga fasilitas untuk mengenal dan belajar sa'i serta lempar jumrah. Kami sedang mempersiapkannya secara bertahap,” ungkap Prof Dr KH Noor Achmad MA didamping KH Muhyiddin dan para takmir AJT.

Kedepan, MAJT menurut Noor Achmad dapat menjadi pusat edukasi ibadah haji dan umrah. Menurutnya replika Ka'bah bisa digunakan siapa saja untuk belajar manasik, termasuk oleh sekolah-sekolah yang mengadakan pengenalan rangkaian ibadah haji, maupun biro-biro umrah dan haji untuk melatih para calon jamaahnya.

Sementara menghadapi Hari Raya Idul Fitri, MAJT juga akan menggelar Salat Ied di selasar masjid dengan Khatib Prof Dr Din Syamsudin serta Imam KH Ulil Abror. Dipastikan oleh Noor Achmad akan dihadiri sekitar 25 ribu jamaah salat Ied dari.

"Yang tidak seperti biasanya, pada pelaksanaan salat Ied akan hadir teman-teman lintas agama untuk membantu pengamanan dan pengaturan lalu lintas. Semua sudah menghubungi kami dan bersedia membantu demi kelancaran umat Islam melaksanakan ibadah. Kami sudah mengaturnya sedemikian rupa termasuk pelibatan aparat keamanan dan membuka tiga pintu akses masuk dari jalan Gajah, jalan Jolotundo dan jalan Soekarno-Hatta. Dengan dibukanya tiga pintu tersebut maka akan memperlancar arus keluar-masuk kendaraan jamaah,” ungkap Noor Achmad.

Pelibatan umat lintas agama tersebut menurut Noor Achmad atas inisiatif sendiri. Mereka merasa memiliki MAJT sebagai tempat ibadah yang pengelola dan para jamaahnya mampu mengayomi umat beragama non muslim yang minoritas untuk menjalin persaudaraan dengan baik. (Cha)

BERITA REKOMENDASI