Resmikan MPP Salatiga, Tjahjo Kumolo: Setelah Dibuka, Jangan Loyo

Editor: KRjogja/Gus

SALATIGA, KRJogja.com – Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) SMART Salatiga. Ia mengingatkan agar setelah dibuka dan dioperasionalkan jangan sampai terus loyo. Diharapkan agar selalu berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Jangan sampai setelah dibuka dan operasional seminggu kemudian malah menjadi loyo. Untuk itu diharapkan melakukan terobosan (inovasi) dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tandas Tjahjo Kumolo saat meresmikan MPP Salatiga, Jumat (19/3).

Ia juga meminta kepada kepala daerah baik Bupati/walikota untuk bersikap tegas kepada kepala OPD yang memang tidak bisa bekerja dalam menerjemahkan percepatan pelayanan publik ini. Bahkan menurut Tjahjo Kumolo, kepala daerah dibolehkan mengganti pejabat OPD setiap bulan. Selanjutnya soal perizinan UMKM harus dipermudah untuk membangkitkan perekonomian di tengah pandemi covid19 ini.

“Silahkan diganti setiap bulan demi peningkatan pelayanan publik apabila tidak bisa bekerja dan tidak cepat dalam menerjemahkan inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat. Kunci dari pelayanan ada kesiapan ASN,” tandas Tjahjo Kumolo.

Untuk menggerakan perekonomian selain perizinan harus cepat, juga kekuatan inovasi dan IT harus diperhatikan, serta menjalin kemitraan yang baik dengan media (pers).

Sementara itu Walikota Salatiga, Yuliyanto dalam laporannya mengatakan MPP Salatiga ini memiliki pelayanan dengan 195 jenis perizinan. Diharapkan dengan MPP ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Salatiga yang heterogen. MPP ini juga merupakan bagian dari komitmen dalam mewujudkan visi dan misi Kota Salatiga . “Di MPP ini terdapat 195 jenis pelayanan perizinan maupun non perizinan,” jelasnya. (Sus)

 

BERITA REKOMENDASI