Ribuan Jemaah Salat Id di MJAT Sesuai Protokol Kesehatan

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJOGJA.com – Ketua Pelaksana Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Prof Dr KH Noor Achmad MA selaku khatib Salat Idul Adha 1441 H di MJAT, Jumat (31/7/2020) mengatakan tahun ini pandemi Covid-19 melanda umat manusia di semua negara tak terkecuali umat Islam dan negara-negara Islam. Umat Islam hendaknya berhusnudhan, pandemi Covid-19 sengaja dimunculkan Allah untuk meningkatkan keimanan, kesabaran, dan kasih sayang antar umat manusia.

“Kita harus percaya, Allah SWT pasti menguji setiap manusia yang menyatakan dirinya beriman, sebagaimana Surah Al-Ankabut [29] ayat 1-3, setiap orang yang beriman pasti diuji Allah sebagaimana juga ujian terhadap orang-orang sebelumnya,”.

Di MAJT salat Id menerapkan protokoler kesehatan Covid-19, dihadiri Plt Sekda Jateng Heru Setiadhi beserta ribuan jemaah dari berbagai daerah. Para jemaah menaati berwudlu, membawa peralatan salat sajadah serta masker dari rumah. Termasuk cek suhu dan hand sanitizer oleh petugas MAJT.

Prof Noor Achmad banyak mengupas Covid-19 dalam perspektif Al-Quran. Selain dalil Covid-19 pada Surat Al-Ankabut, juga Cocid-19, sebagai ujian Allah SWT untuk meningkatkan kesabaran. Sebagaimana Surah Al-Baqarah ayat 155-156, “dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”.

Ditambahkan, Covid-19 juga patut kita anggap sebagai tentara-tentara Allah untuk memperkuat keimanan setiap mukmin sebagaimana Surah Al-Fath ayat 4, “Dia-lah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Ditegaskan, hikmah Covid-19, untuk mencapai derajat tertentu manusia harus bersusah payah dan terus mengingat kekuatan dan kekusaan Allah SWT sebagaimana Surah Al-Balad ayat 4-20.

Saat inilah dengan Covid, Allah memperlihatkan memudarnya keeratan sosial diantara kita, runtuhnya keadilan sosial, merebaknya individualisme, libralisme, kapitalisme dan hilangnya kesantunan politik, menguatnya oligarki, pemaksaan kehendak, mudahnya masyarakat saling menyalahkan bahkan ada yang mudah mengkafirkan kepada sesama muslim.

BERITA REKOMENDASI