Ribuan Penari Warnai HUT Propinsi Jateng

SEMARANG (KRjogja.com) – Pesta rakyat benar-benar akan mewarnai perayaan hari jadi provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang ke 66 dipusatkan di Magelang. Perayaan selama tiga hari (26-28 Agustus 2016) selain akan menampilakn sejumlah artis nasional seperti Iwan Fals, juga akan domeriahkan tarian kolaborasi yang melibatkan 3.500 penari dari berbagai daerah di Jateng.

Demikian diungkapkan sekretaris panitia HUT Provinsi Jateng ke 66 Rina Ratnaningrum kepada wartawan di kantor KPID Jateng di Semarang Kamis (11/8). Pesta rakyat dengan dana Rp 1,2 miliar dari APBD Jateng 2016 ini benar-benar akan menyatukan masyarakat dengan para pejabat kirokrasi, termasuk Gubernur Ganjar Pranowo.

Tari kolaborasi menurut Rina digarap oleh koreografi asal Magelang Ripono. Seniman yang cukup kondang ini akan mengumpulkan 100 penari dari tiap Kabupaten/Kota yang ada di Jateng untuk dilibatkan dalam tari kolosal. Setiap daerah akan menekankan kepada kearifan lokal dalam bentuk tarian. “Ini yang kelihatannya sangat sulit. Tetapi ditangan Ripono semuanya akan menjadi menarik,” tutur Rina.

Yang menarik lagi dalam kegiatan ini, sejumlah pejabat, termasuk Gubernur, Bupati, Walikota dan pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), juga akan terlibat dalam permainan ketoprak.  (Bdi)

 

 

BERITA REKOMENDASI