Romo Aloysius Budi Raih Doktor Ilmu Lingkungan

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJOGJA.com- Pastor Keuskupan Agung Semarang Romo Aloysius Budi Purnomo lulus ujian promosi doktor (ujian terbuka) Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) Unika Soegijapranata Semarang, Jumat (21/1/2022).

Di hadapan tim penguji, Romo Aloysius Budi Purnomo yang juga Pastor Kepala Kampus Ministry Unika Soegijapranata ini berhasil mempertahankan disertasinya “Model Kepemimpinan Ekoteologis Interreligius Sesuai Ensiklik Laudato Si’ dalam Konteks Komunitas Pegunungan Kendeng Utara”. Romo Aloysius Purnomo dinyatakan lulus dengan nilai A dan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 4,0 dengan masa studi 2 tahun 5 bulan.

Tim penguji terdiri dari Dr Ferdinandus Hindarto (Rektor/Ketua Penguji), Prof Dr Andreas Lako (Kaprodi/ Sekretaris), Romo Dr Subanar (Universitas Sanata Dharma/ Penguji Eksternal), Romo Dr P Paulus Wiryono (Penguji Internal), Dr Margaretha Sih Utami (Penguji Internal), Dr Cecilia Murniati MA (Kopromotor), dan Prof Dr Budi Widianarko (Promotor).

Dalam penelitian disertasinya, Romo Aloysius Budi Purnomo menjelaskan kepemimpinan intereligius merupakan kepemiminan bersama semua agama dan kepercayaan termasuk agama adat. Fokus penelitiannya terkait kepemimpinan intereligius yang berjuang untuk menjaga keutuhan ciptaan dan menjaga kelestarian lingkungan.

Romo Budi-pun menemukan dua hal yaitu adanya kesesuaian ekoteologis interreligius dengan ensiklik Laudato Si’ sebagai konsep yang sejalan demi merawat bumi. Yakni dengan melibatkan semua orang tanpa memandang agama dan kepercayaan. Yang kedua, terkait eco-theologist, artinya satu sikap dasar yang ramah dan peduli lingkungan sesuai ajaran agama dan kepercayaan masing-masing. Semua agama sepakat alam atau lingkungan tetap dijaga, bukan dirusak.

 

BERITA REKOMENDASI