Rotary Bantu 1.000 Jamban ke Kodam IV Diponegoro

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Program Jambanisasi dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat terus berlanjut. Rotary District 3420 Area Semarang, Kudus dan Solo, Senin (13/09/2021) membantu 1.000 jamban keramik dan menyerahkannya kepada Kodam IV Diponegoro, dalam hal ini diterima Asisten Teritorial (Aster) Kasdam IV Diponegoro Kolonel Arm Brantas Suharyo G di Markas Yon Arhanud 15/Dahana Bhaladika Yudha, Jatingaleh Semarang.

Penyerahan simbolik ditandai dengan penandatanganan surat penyerahan dan kerjasama yang ditandatangani Cindy Bachtiar, District Governoor 3420 Indonesia dan Kol Arm Brantas Suharyo G, mewakili Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto.

Kolonel Arm Brantas mengatakan bantuan 1.000 jamban keramik akan dipergunakan untuk membantu masyarakat yang belum memiliki jamban. “Melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), kita akan membuatkan jamban untuk masyarakat yang belum memiliki jamban. Sehingga mereka akan membantu mengurangi kebiasaan hajat di sungai maupun lubang tanah. Program ini sudah lama kami lakukan sejak 2016 dan memberi manfaat menjaga lingkungan semakin sehat,” ungkap Kolonel Arm Brantas Suharyo G.

Sementara Cindy Bachtiar menyampaikan bahwa program bantuan jamban keramik ini merupakan rangkaian dari program Rotary Nasional bantuan 5.000 jamban keramik. Khusus District 3420 yang meliputi wilayah Semarang, Kudus dan Solo, membantu 1.000 jamban keramik yang diserahkan kepada Kodam IV Diponegoro.

Kodam IV Diponegoro menurut Cindy Bachtiar merupakan mitra sinergi untuk membantu pemerintah mengatasi problem sanitasi. Cindy meyakini TNI memiliki personil dan SDM sampai lever daerah, punya akses yang kuat di birokrasi, menuasai data lapangan dan berkomitmen dalam mendarma bhaktikan tenaga dan pikirannya untuk kebaikan NKRI.

Selain membantu jamban keramik, Rotary juga membantu buku-buku untuk bacaan anak-anak dan masyarakat umum. Buku tersebut diserahkan Cindy Bachtiar kepada Kodam IV Diponegoro melalui Danyon Arhanud 15/DBY Letkol Arh Muda S. (Cha)

BERITA REKOMENDASI