Rotary Ingin Tak Ada Lagi Warga Buang Hajat di Sungai

Editor: Ary B Prass

SEMARANG, KRJOGJA.com – Rotary Distrik 3420 gandeng TNI AD dalam program Jambanisasi terhadap Warga Kurang Mampu yang belum memiliki jamban keluarga di seluruh Indonesia. Program Jambanisasi ini merupakan tahap kedua dan kali ini diserahkan 2.000 jamban jongkok keramik melalui Kodam IV Diponegoro diterima Danyon Arhanud 15 Dahana Bhaladika Yudha, Letkol Arh Muda S di markas Arhanud Jatingaleh, Rabu (29/12/2021).
Selain mendukung jambanisasi, Rotary Club juga membantu buku-buku melalui program literasi untuk masyarakat Papua melalui TNI AD yang diserahkan melalui Kodam IV Diponegoro.
District Governor (DG) Rotary District 3420 Indonesia, Cindy Bachtiar memgungkapkan, jambanisasi kali ini merupakan tahap kedua. Yang pertama sudah diserahkan 1000 jamban pada bulan September lalu. Jadi keseluruhan mencapai 3000 jamban.
“Kami mengapresiasi komitmen dan spirit pengabdian Kodam IV Diponegoro, yang peduli terhadap problem sanitasi dan kesehatan masyarakat. Bahkan, sejak 2017, TNI sudah membangun 1 juta jamban gratis untuk warga yang membutuhkan. Ini sejalan dengan Signature Project kami di Rotary D3420 Indonesia, yang memprogramkan 5000 jamban gratis untuk masyarakat sebagai bentuk komitmen untuk Serve to Change Lives, yang menjadi tema besar Rotary International 2021-2022,” kata Cindy Bachtiar.
Karena itu, DG Cindy berterima kasih kepada Kodam IV Diponegoro yang siap bersinergi, berkolaborasi, bekerjasama untuk membantu pemerintah mengatasi problem sanitasi. Dia meyakini, TNI memiliki personil atau SDM sampai ke level daerah, punya akses yang kuat di birokrasi, menguasai data lapangan, dan komitmen yang tidak perlu diragukan untuk NKRI. Menurut Cindy, TNI menjadi partner berkegiatan sosial yang sangat kompeten dan ideal buat Rotary.

BERITA REKOMENDASI