RSI Muhammadiyah Kendal Tambah 21 Ruang Isolasi dan Laboratorium PCR

Editor: Ivan Aditya

KENDAL, KRJOGJA.com – Mengantisipasi lonjakan pasien covid-19 Rumah Sakit Islam (RSI) Muhammadiyah Kendal sesuai dengan anjuram pemerintah kabupaten kini menambah ruang isolasi pasien Covid-19. Ada tambahan 21 ruangan isolasi yang tadinya 12 ruang kini menjadi 33 ruang, bahkan pada awal Februari juga akan di tambah 45 bed untuk khusus pasien Covid-19.

Saat ini di rumah sakit mempunyai laboratorium PCR, sehingga hasil swab pasien dalam satu hari bisa langsung di ketahui hasilnya. Selama ini hasil tes swab harus di kirim ke Rumah Sakit Darurat Covid Kendal atau RSUP Dr Kariadi Semarang. Dengan adanya laboratorium PCR ini dari rumah sakit di sekitar Kendal bisa membawa hasil swab di laboratorium PCR RSI Kendal.

Humas Rumah Sakit Islam Kendal, Farid Hirmawan mengatakan sesuai dengan anjuran pemerintah untuk menambah ruang isolasi pasien covid RSI Kendal menambah ruangan isolasi mandiri pasien Covid-19 dan laboratorium PCR. Ruang khusus Covid-19 berada di gedung baru di lantai 4. “Karena berada di lantai 4 saat ini masih tahap persiapan pemasangan lift dan penyelesaian instalasi dalam ruang,” katanya, Sabtu (16/01/2021).

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Ferinando Bonay mengatakan sesuai dengan intruksi dari Propinsi Jawa Tengah untuk mengatisipasi lonjakan pasien Covid-19 selama masa pembatasan kerumunan (PKm) di Kabupaten Kendal selama dua minggu maka perlu diantisipasi semua rumah sakit daerah maupun swasta agar menambah ruang isolasi pasien Covid-19.

“Semua rumah sakit baik swasta maupun RSUD Kendal diminta mempersiapkan ruang tambahan untuk pasien Covid-19, sehingga jika terjadi lonjakan pasien Covid-19 bisa ditampung di semua rumah sakit di Kendal yang sudah di tunjuk untuk menerima pasien Covid-19,” ujar Ferinando. (Ung)

BERITA REKOMENDASI