Rugikan Negara Rp 5 Miliar, Barang Impor Dimusnahkan

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG, KRJOGJA.com – Direktorat Jenderal (Dirjen) Perlindungan Konsumen dan Tata Niaga Kementrian Perdagangan memusnahkan barang impor senilai berkisar Rp 5 miliar-Rp 6 miliar. Pemusnahan ini dilakukan di Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Senin (9/9).

Barang impor ini melanggar pemeriksaan pengawasan tata niaga impor di luar kawasan pabean (post border) dan disita dari beberapa  pelabuhan di Jawa Tengah. Barang tersebut berupa biji plastik sepeda roda dua dan  mainan anak-anak.

Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tata Niaga Kementrian Perdagangan, Feri Anggrijono kepada wartawan mengatakan barang impor yang dimusnahkan dengan cara dibakar tersebut melanggar importasi dengan nilai kerugian negara berkisar Rp 5 miliar hingga Rp 6 miliar rupiah. “Barang-barang impor ini berasal dari China yang banyak membanjiri Indonesia. Sebenarnya barang barang ini bisa dibuat oleh para perajin,” tandas Feri Anggrijono.

Barang ini dimusnahkan lantaran tidak memenuhi tata niaga, tidak memenuhi standar barang impor, tidak berSNI dan tidak memenuhi nomor pendaftaran barang. Dirjen juga akan menindak tegas kepada importir nakal sesuai Undang Undang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Perdagagan. (Sus)

BERITA REKOMENDASI