Rumah Sakit Wongsonegoro Gelorakan Germas

SEMARANG KRJogja.Com – Rumah Sakit Wongsonegoro (RSWN) yang merupakan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Semarang, Minggu (15/12/2019) mempelopori ajakan kepada masyarakat untuk suka mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Hal tersebut dilakukan dengan cara mengkampanyekan gemar makan buah dan sayur yang diwujudkan bagi-bagi 2.900 paket berisi buah dan sayur kepada masyarakat Kota Semarang yang mengunjungi area Car Free Day  (CFD) Jalan Pahlawan Semarang.
Direktur RSWN Kota Semarang, dr Susi Herawati MKes mengungkapkan bahwa ajakan kepada warga masyarakat untuk gemar mengkonsumsi buah dan sayur merupakan bagian dari kampanye hidup sehat sebagaimana yang diamanatkan oleh Presiden RI Ir Joko Widodo melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

"Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati dan memeriahkan ulang tahun RSWN Ke-29. Karena itu paket buah dan sayuran sebanyak 2.900 merupakan simbol ulang tahun ke-29. Kami berharap dengan ajakan disertai pembagian paket berisi sayur dan buah-buahan ini akan menyadarkan kepada masyarakat betapa pentingnya buah dan sayur bagi tubuh untuk bekal hidup sehat", papar dr Susi Herawati MKes.

Acara yang dikemas dengan senam sehat bersama ini juga dihadiri Wakil Walikota Semarang Hj Hevearita Rahayu Gunaryanti. Mbak Ita, sapaan akrab Wakil Walikota Semarang ini mendukung langkah RSWN dalam mengkampanyekan hidup sehat melalui menjaga pola makanan dan memilik makanan sehat untuk dikonsumsi.

"Sudah benar, bahwa kita perlu sayur dan buah untuk tubuh kita. Karena di sana lah terdapat banyak unsur vitamin sebagai penopang hidup sehat", ungkap Hevearita Raharu Gunaryanti.
Aksi ajakan makan sayur dan buah yang disertai pembagian 2.900 oaket sayur dan buah kepada masyarakat ini pun mendapat apresiasi Lembaga Prestasi dan Rekor Indonesia Dunia (Leprid).

Leprid mencatat aksi ini dalam urutan Rekor Leprid ke-551. "Kami catat dalam kategori rekor karena dari segi jumlah 2.900 paket dan belum pernah ada yang melakukan hal sama. Selain itu harapan kami juga akan dapat memotivasi yang lain agar melakukan hal yang bermanfaat bagi masyarakat", papar Direktur Leprid, Paulus Pangka SH.

Piagam Leprid diberikan kepada Walikota Semarang Hendrar Prihadi dan ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang selaku inisiator, dr Susi Herawati MKes selaku pemrakarsa dan RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang selaku penyelenggara.

"RSWN ini cukup kreatif dalam menggelorakan semangat hidup sehat dan upaya perbaikan hidup masyarakat melalui pelayanan medis. Selain pernah mengkampanyekan Germas dengan melibatkan 1.200 tenaga kesehatan berkostum unik, juga pernah menggelar kegiatan Bantuan Hidup Dasar (BHD) dengan menggandeng Paguyuban Rumah Sakit se-Kota Semarang serentak di 16 Kecamatan dengan pelibatan 1.700 peserta", papar Paulus Pangka SH.

menurut Paulus Pangka SH, gerakan yang dilakukan RSWN ini tidak saja mengajak masyarakat hidup sehat, melainkan juga menguatkan sektor pertanian dan perkebunan rakyat. Dimana kita diajak untuk peduli mengkonsumsi hasil tanaman sayur dan buah petani Indonesia. (Cha)

 

BERITA REKOMENDASI