Rusak Karena Rob, Jalan Laut Bandengan Dibeton

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL, KRjogja.com – Karena tempat penampungan air sudah banyak yang menjadi kawasan perumahan maka tidak dapat dihindari jika terjadi rob maka tidak ada lagi tempat dan airpun masuk ke jalan. Air yang datang dari laut menggerus jalanan sehingga menyebabkan kerusakan parah di jalan laut Kendal.

Jalan yang menghubungkan Kelurahan Bandengan dengan pusat Kota Kendal rusak parah di beberapa ruas. Untuk mengurangi kerusakan perbaikan jalanpun dilakukan dengan cor beton di kelurahan Bandengan di depan masjid bangengan. Pengecoran dilakukan sepanjang 140 meter dengan lebar 5 meter. Sedangkan untuk ketinggian beton mencapai 35 meter.

Pelaksana kegiatan rehabilitasi jalan Kendal Bandengan ini adalah CV Duta Karya dan akan dikerjakan dalam waktu tiga bulan dari bukan Juni 2021.

Lukni stat DPUPR Kendal saat di temui di lokasi perbaikan jalan Selasa (13/7) mengatakan untuk paket rehabilitasi jalan ini hanya sepanjang 140 meter diambil jalan yang terparah. Untuk kelanjutannya mungkin akan dilakukan tahun depan, namun untuk sementara akan dilakukan penambalan jalan yang rusak dengan pengaspalan. “Untuk pekerjaan jalan kali ini sepanjang 140 meter dan dilaksanakan tiga bulan, daerah ini adalah yang terparah saat ada genangan rob,”ujar Lukni.

Pelaksana pekerjaan Arik Arisanto mengatakan pekerjaan rehabilitasi diawali dengan pengurugan jalan agar rata kemudian pengecoran landasan dengan total ketebalan 15 cm kemudian pengecoran K350 setebal 20cm. “Jika cuaca mendukung dan rob tidak datang maka pengerjaan akan cepat dikerjakan dan akan cepat selesai,”ujar Arik. (Ung)

 

BERITA REKOMENDASI