S2 ILK Dominasi Raihan Hibah Kemendikbudristek Unimus

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJOGJA.com – Kemendikbudristek belum lama ini telah mengumumkan proposal proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang lolos dan didanai oleh Kemendikbudristek tahun 2022.

Pada program hibah tahunan ini, Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) mengusulkan 101 judul proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan 24 judul proposal lolos seleksi pendanaan hibah penelitian dan 1 hibah pengabdian kepada masyarakat Kemendikbudristek.

Ketua Program Studi (Kaprodi) Magister Ilmu Laboratorium Klinis (ILK) Unimus Dr Sri Darmawati MSi kepada pers di Semarang, Sabtu (14/5/2022) menyampaikan dari 25 judul para dosen Unimus yang lolos dan didanai tersebut, 12 buah di antaranya diajukan oleh dosen Program Studi Magister Ilmu Laboratorium Klinis (ILK).

Menurutnya, kontribusi proposal yang didanai dari prodi yang dipimpinnya (12 judul) mayoritas berasal dari hibah Program Pascasarjana penelitian Magister Tesis (PPS PTM) yaitu 9 judul. Secara kuantitatif jumlah proposal penelitian PPS PTM yang memperoleh hibah Kemendikbudristek tahun ini meningkat 3 kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

“Tahun lalu hibah PPS-PTM ini tidak dibuka, sedangkan pada tahun 2020 hanya 2 proposal PPS-PTM yang merupakan usulan dari 2 dosen S2 ILK yang didanai. Tahun ini 9 hibah penelitian PPS-PTM yang didanai diusulkan oleh 4 dosen S2 ILK. Dengan demikian peningkatan baik jumlah judul yang didanai maupun jumlah dosen S2 ILK yang terlibat sangat signifikan,” ujarnya.

Selain itu Ketua Program Studi Magister ILK Unimus juga menyampaikan apresiasi kepada para dosen S2 ILK yang dipimpinnya. Karena selain meraih 9 hibah penulisan tesis (monotahun) untuk mahasiswa yang dibimbingnya, masih ada 3 hibah penelitian multi tahun yang diperoleh oleh 3 dosen S2 ILK. Tiga hibah multi tahun yang diperoleh meliputi Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi on going (PTUPT atas nama Dr Sri Darmawati MSi yang juga sebagai Kaprodi S2 ILK), Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi ( PTUPT atas nama Dr Budi Santosa MSi Med yang juga Wakil Rektor I Unimus) dan Penelitian Terapan Kompetitif Nasional (PTKN atas nama Dr Stalis Norma Ethica MSi).

Dengan diraihnya 12 dari 25 judul proposal penelitian di Unimus yang didanai oleh Kemendikbud Ristek, maka S2 ILK mendominasi raihan hibah proposal di Unimus tahun ini dengan persentase hampir 50%. Menurut Kaprodi, peningkatan jumlah proposal penelitian yang didanai Dikti ini, berkorelasi dengan semakin meningkatnya kualitas penelitan dosen S2 ILK Unimus.

“Peningkatan ini ternyata juga diimbangi dengan peningkatan raihan hibah penelitian magister tesis oleh dosen. Hal ini menunjukkan semakin tingginya minat dosen pembimbing tesis di prodi S2 ILK Unimus dan mahasiswa yang dibimbingnya dalam membuat proposal hibah penyusunan tesis” ujar Dr Sri Darmawati MSi.

Terkait dengan prodi Magister Ilmu Laboratorium Klinis (ILK) Unimus, Dr Sri Darmawati MSi menyampaikan pula Magister ini kelanjutan dari D4 TLM/Analis Kesehatan yang ada di Indonesia. Satu-satunya dan pertama di Indonesia, terakreditasi LAM-PTKes peringkat Baik/Baik Sekali nilai 338. Sampai dengan saat ini sudah meluluskan 23 lulusan yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.(Sgi)

BERITA REKOMENDASI