Salatiga Raih WTP Keempat Kalinya

Editor: Ivan Aditya

SALATIGA, KRJOGJA.com – Kota Salatiga meraih kembali penghargaan pengelolaan keuangan dengan capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk keempat kalinya. Penghargaan ini setelah dilakukan pengkajian terhadap laporan keuangan Pemkot Salatiga tahun 2019 yang hasilnya keluar di tahun 2020 ini.

Apresiasi WTP dari Kementerian Keuangan RI tersebut diterima oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto di Rumah Dinas Walikota Salatiga melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A1 Semarang II.

“Opini WTP ini menunjukkan kinerja Pemerintah Kota Salatiga taat azas, taat aturan dan good government yang akan berdampak positif bagi kepentingan masyarakat Salatiga ke depan. WTP ini untuk keempat kalinya dan harus dipertahankan,” kata Walikota Salatiga, Yuliyanto, Jumat (06/11/2020).

Ia mengungkapkan, mempertahankan prestasi tidak mudah dan membutuhkan perjuangan serta proses yang panjang. Jika tidak disertai komitmen dan konsistensi yang tinggi maka apa yang sudah diraih selama empat kali berturut-turut tersebut akan hilang tereliminasi. Momentum penyerahan WTP ke-4 ini menjadi kebiasaan tahunan di Salatiga ke depan.

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A1 Semarang II, Jumiarsih mengatakan WTP Laporan Keuangan Tahun 2019 tersebut sebenarnya sudah diserahkan secara simbolis oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani saat berlangsung Rakor Akuntansi Nasional, secara virtual.

“Menkeu mengapresiasi capaian opini WTP tersebut. Sebab, Salatiga termasuk satu diantara 89,3 persen kabupaten kota se-Indonesia yang memperoleh opini WTP, sedangkan masih ada 10,7 persen daerah masih belum mampu mencapainya,” katanya. (Sus)

BERITA REKOMENDASI