Salatiga Transmisi Lokal, Positif Covid Bertambah 13 Orang

SALATIGA, KRJOGJA.com – Dinas Kesehatan Kota (DKK) menyatakan bahwa jumlah kasus positif covid 19 di Salatiga pada Selasa (16/06/2020) melonjak dan bertambah 13 orang. Hal ini disebabkan bukan klaster melainkan di Salatiga telah terjadi penularan lokal (transmisi lokal).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga, Siti Zuraidah dalam rilisnya, Selasa (16/06/2020) mengatakan masyarakat harus lebih waspada dalam menyikapi pandemi covid19. Intensitas penularan di Salatiga meningkat dengan bukan klaster melainkan sudah transmisi lokal.

“Sekali terjadi penularan di masyarakat lonjakanyna langsung tinggi.Selasa (16/06/2020) kasus positif bertambah 13 orang. Ini perlu diwaspadai karena sudah sangat melokal bukan klaster lagi,” tandas Zuraidah.

Penambahan 13 orang positif ini merupakan hasil langkah DKK aktif untuk ‘memburu’ terhadap orang-orang yang gejala flu dan langsung dilakukan tes swab beberapa hari ini. Selain itu data tambahan ini karena pemetaan terhadap orang yang cukup aktif dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan dan keagamaan dengan sampling acak.

Jumlah kumulatif kasus positif covid19 di Salatiga, sampai Selasa (16/06/2020) sebanyak 64 orang, ODP 3 orang, OTG 5 orang dan PDP satu orang. (Sus)

BERITA REKOMENDASI