Sambang Masjid Sebagai Komsos Sekaligus Ladang Amal

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Banyak cara dilakukan untuk mengamankan wilayah dari gangguan keamanan maupun dampak penyebaran virus Covid-19 yang masih mengancam warga masyarakat. Karena itu Koramil 04 Gayamsari yang berada di bawah komando Kodim 0733 Kota Semarang menguatkan fungsi Komunikasi Sosial dengan melakukan sambang (kunjungan) ke wilayah termasuk tempat-tempat ibadah yang menjadi pusat kerumunan.

Komunikasi Sosial (Komsos) menurut Danramil 04 Gayamsari, Mayor Inf Rahmatullah SE MM merupakan salah satu cara mensinergikan TNI-Rakyat, dalam rangka membantu kesulitan rakyat di lingkungan. “Ibaratnya selain kita belanja masalah, juga membantu memberika solusi apabila ada kendala di lingkungan. Oleh karena itu kami selalu tekankan bahwa aparat babinsa harus berada di tengah-tengah masyarakat, membina dan membantu warga binaannya apabila terdapat masalah,” ungkap Rahmatullah, Sabtu (16/04/2022).

Masalah yang muncul saat ini menurutnya masih seputar penyebaran Covid-19. Karena itu para Babinsa tak bosan-bosannya turun ke lapangan untuk selalu mengingatkan peran penting protokol kesehatan, Selain itu juga mendorong warganya agar segera menuntaskan vaksin.

Di wilayah Gayamsari, capaian vaksin sudah cukup tinggi, hampir 80%. Dirinya optimis lebaran nanti sudah bisa melebihi 90%. Adapun sisanya diupayakan terus agar bisa segera vaksin. Adanya masyarakat yang belum vaksin menurut Rahmatullah karena alasan adanya gangguan kesehatan yang terpaksa harus menunda vaksin. Umumnya juga karena faktor usia dan adanya penyakit bawaan.

Melalui Sambang Wilayah, Babinsa akan terus mendorong warganya agar segera vaksin. “Ini selain tugas dan tanggung jawab, juga sebagai bentuk amalan di bulan suci Ramadan. Membantu warga agar terhindar dari paparan Covid-19 adalah amalan yang luar biasa. Maka saya minta agar mereka berlomba-lomba untuk bisa mengantar sebanyak-banyaknya warganya vaksin,” ungkap Rahmatullah. (Cha)

BERITA REKOMENDASI