Sanjoto Pantas Diapresiasi Walau Renovasi Belum Sebanding Perjuangan

SEMARANG KRJogja.Com – Bedah rumah Veteran Perang Kemerdekaan Kapten CPM Purn Sanjoto di Jalan Belimbing Raya Peterongan Semarang dinilai sudah sepantasnya untuk menghormati dan menghargai jasa beliau yang sejak usia 15 tahun sudah berjuang mengusir penjajah Jepang dan Belanda saat hendak kembali menguasai Indonesia. Namun demikian Komandan Polisi Militer Kodam IV Diponegoro Kolonel CPM Salidin yang meninjau bedah rumah, Selasa (3/11/2020) mengatakan bahwa sebesar apapun perhatian terhadap para pejuang kemerdekaan belum bisa sebanding dengan pengorbanan yang telah diberikan kepada negaranya.

Karena itu, Danpomdam IV Diponegoro mengajak kepada seluruh keluarga besar Polisi Militer tidak sekadar menghormati dan menghargai para sesepuh seperti Kapten CPM Purn Sanjoto, melainkan juga harus bisa mewarisi semangat dan tekad yang melandasi perjuangannya.
Hingga usia 90 tahun pada akhirnya Sanjoto baru bisa memperbaiki rumah, meski atas perhatian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, setelah disinggahi. Artinya selama pensiun di tahun 1982, sesepuh Polisi Militer yang pernah mengawal dan pengamankan rute gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman ini tidak pernah mengeluhkan dan meminta ada yang memperbaiki rumahnya. Apalagi rumah yang ditempati ternyata tanahnya milik Pemkot dan dia harus sewa.

Sejak kehadiran Gubernur Jawa Tengah dan pimpinan Polisi Militer, baik Dandenpom IV/5 Semarang Mayor CPM F Okto Femula serta Danpomdam IV Diponegoro Kolonel CPM Salidin, akhirnya terbuka jalan untuk bisa memiliki rumah dan tanah yang proses hibahnya sudah disetujui Walikota Semarang H Hendrar Prihadi.

BERITA REKOMENDASI