Santri Salatiga Siap Tangkal Radikalisme

Editor: Ivan Aditya

SALATIGA, KRJOGJA.com – Santri dan kader Nahdlatul Ulama (NU) Kota Salatiga siap menangkal paham radikalisme. Mereka menolak keras radikalisme dan paham lain yang bisa merusak persatuan dan keutuhan NKRI.

Sekretaris Pengurus Cabang NU Salatiga, Muslih kepada wartawan mengatakan, santri serta kader NU Salatiga bertekad bersama-sama membentengi kedaulatan negara dari bentuk radikalisme dan intoleransi. Sikap ini merupakan tekad meneruskan pilar kebangsaan NKRI yang telah diperjuangkan para ulama dan para pendiri bangsa.

“Saat penjajahan, berperang melawan kolonial Belanda. Saat ini, kami siap berperang melawan radikalisme yang bisa merusak keutuhan NKRI,” tandas Muslih usai upacara Hari Santri Nasional (HSN) 2019 di Lapangan Klumpit, Tingkir, Salatiga, Selasa (22/10/2019).

Keluarga besar NU Salatiga juga menggelar berbagai kegiatan, diantaranya khitanan massal dan pengobatan gratis medis dan non medis. Bakti sosial dan memberikan bantuan air bersih kepada warga yang mengalami kesulitan air bersih.

Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang NU Salatiga,  Zaenuri mengatakan, kegiatan ini di selenggarakan untuk menyemarakan peringatan HSN 2019. Kegiatan ini digagas guna memperingati peran besar kaum kiai dan  kaum santri dalam perjuangan melawan penjajahan bangsa asing hingga tercetus resolusi jihad oleh Mbah KH Hasyim. (Sus)

BERITA REKOMENDASI