Selandia Baru Dampingi Kelompok Tani ‘Mersika’

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRjogja.com) – Untuk peningkatan pendapatan dari sektor persusuan melalui layanan pelatihan dan dukungan yang memungkinkan para peternak sapi perah untuk mendapatkan keuntungan secara berkelanjutan, Kementrian Pertanian RI melalui Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan, bekerjasama dengan Pemerintah Selandia Baru. Melalui program IDEA (Indinesia Dairy Excellence Activity), kedua pemerintah bekerjasama selama 8 tahun mulai tahun 2015.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan) Kabupaten Magelang, Ir Sri Hartini, Kamis (22/09/2016) mengatakan, diwilayahnya IDEA akan mendampingi Kelompok Tani Mersika Dusun Merapi Sari di Desa Ngablak, Kecamatan Ngablak, mulai akhir tahun 2016 ini. “Selain di sini (Kabupaten Magelang), di jawa tengah ada tiga kabupaten lain yang juga ikut program ini. Meliputi Kabupaten Boyolali, Salatiga dan Semarang,” katanya.

Sebelumnya, kata Sri, IDEA sudah dimulai di Sumatera Barat dan Kabupaten Semarang tahun 2015 lalu. Selain untuk peningkatan pendapatan dari sektor persusuan, IDEA juga bertujuan memberikan nilai tambah terhadap perekonomian Indonesia melalui peningkatan pendapatan, produktivitas dan standar hidup dari peternak sapi perah rakyat dalam jangka panjang.

Sedang materinya, diantaranya percobaan penanaman hijauan, memperkenalkan jenis pakan ternak baru dan memproduksi tinggi, melakukan analisis ekstensif tentang praktek pemberian makanan saat ini dan kebutuhan pakan serta memperkenalkan dan menerapkan sistem pemberian makan dengan biaya yang efektif.

“Mereka juga memperkenalkan cara penanganan susu yang aman, mengulas standar keamanan susu dan produksi dari sapi ke konsumen, penelitian, membuat rekomendasi dan menerapkan standar kualitas pemenuhan untuk produksi susu. Mereka juga merekomendasikan modul pelatihan kejuruan yang efektif dan metodologi serta pengembangan kapasitas bagi para petani dan penyuluh,” imbuh Kepala Seksi Budidaya Ternak Ruminansia, Ahmat Dahroji MM. (Bag)

BERITA REKOMENDASI