Seluruh Komponen Bangsa Harus Mawas Diri

SEMARANG KRJOGJA.com – Semua komponen bangsa seharusnya mengambil sikap menahan diri dan mawas diri menyikapi berbagai persoalan yang muncul yang berpotensi menyebarkan rasa kebencian dan kecurigaan satu sama lain.

"Kita perlu duduk bersama, perlu komunikasi yang baik untuk membangun konsensus bersama demi menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan seluruh komponen bangsa. Sehingga ini akan menghindarkan kita dari rasa saling curiga, membenci dan menjelek-jelekkan satu sama lain", ungkap Dr Cahyo Seftiyanto MSc, Pengamat Politik dari FISIP Universitas Negeri Semarang sebagai narasumber dalam Dialog Interaktif Merah Putih yang digelar onair Semarang TV, Rabu (27/9/2017) petang.

Seftianto mengungkapkan, Pancasila masih sering dibicarakan. Namun Pancasila seperti apa yang hendak dianut juga masih belum jelas dan sering diperdebatkan. Pendidikan Pancasila dan P4 juga dianggap tidak relevan lagi karena tinggalan Orde Baru, lalu apa dan Pancasila yang mana yang harus dianut ?.

"Saya kira semua komponen bangsa ini pun juga harus duduk bareng untuk menyepakati Pancasila. Karena ini landasan segala hal, termasuk landasan politik bangsa Indonesia", tutur Seftiyanto.

Pakar Komunikasi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIK) Semarang, Drs Gunawan Witjaksana MSi yang juga sebagai narasumber mengungkapkan perlu adanya komunikasi politik yang santun dan beretika. Sebab salah dalam mengemas komunikasi pasti akan terjadi pembiasan. Jika dibiarkan dan tidak dikemas dengan baik maka pesan akan dimaknai berbeda dan akan menggelinding jadi bola api yang panas. (Cha)

BERITA REKOMENDASI