Sembilan Guru Diangkat Jadi Pengawas TK/PAUD

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL (KRjogja.com) – Sebanyak sembilan guru dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS) di bawah naungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kendal mendapatkan kado istimewa berupa pengangkatan menjadi pengawas TK/PAUD. Pengangkatan itu berdasar surat keputusan (SK) Bupati Kendal Nomor 821.2/217/2016, tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah di Lingkungaan Pemerintah Kabupaten Kendal.

 

Kepala Disdik ( Dinas Pendidikan ) Kendal, Muryono Rabu (20/7) mengatakan SK ini khusus pengangkatan pengawas TK/PAUD. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya ada pengawas TK/SD,dengan pengawas TK/PAUD ini, targetnya dapat mengawal generasi emas dari usia emas, yakni, mulai usia 4-6 tahun. "dengan SK khusus ini diharapkan nantinya akan melahirkan generasi yang cerdas, berakhlak mulia, tangguh, kreatif dan berdaya saing tinggi," ujar Muryono.

Pihaknya mengungkapkan, pengangkatan pengawas TK/PAUD itu berdasar atas surat dari Disdik Kendal Nomor 800/21584/Dispendik tanggal 30 Desember 2015 perihal usulan pengangkatan pengawas TK/PAUD bagi tenaga pendidik dari PNS. Namun, sistem pengangkatanya dilakukan melalui sistem seleksi/tes yang ketat. Guru PNS yang memenuhi kriteria atau syarat ketentuan menduduki jabatan pengawas TK/PAUD yang berhak mengikuti seleksi/tes tersebut.

"Yang menguji dari LPMP Jawa Tengah. Syaratnya adalah guru PNS golongan IIIC dan menjabat kepala sekolah TK. Namun yang ikut tes kemarin rata-rata golongan/pangkatnya pembina IVA semua. Tes kemarin diikut 16 peserta. Kemudian, sebanyak 9 pengawas TK/PAUD ini akan ditempatkan di 9 kecamatan. Tahun depan kita target 20 kecamatan dan tiap 1 kecamatan 1 pengawas TK/PAUD. Sementara 11 kecamatan masih dirangkap pengawas TK/SD. Jumlah pengawas TK/SD ada 68, " lanjutnya. (Ung)

 

BERITA REKOMENDASI