Siapkan Diri Ikuti Perubahan Kebijakan Pendidikan

SEMARANG,KRJOGJA.com- Dalam rangka regulasi pengelolaan tatanan pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akhir-akhir ini melakukan perubahan pada pelaksanaan pendidikan. Salah satu perubahan yang sedang digaungkan di tingkat perguruan tinggi yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Menurut dosen Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) Anjar Setiawan MPd, merdeka merupakan kebijakan besar dalam rangka mewujudkan transformasi pengelolaan pendidikan di Indonesia. Sebagaimana tertulis pada buku panduan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, bahwa kebijakan MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru melalui beberapa kegiatan pembelajaran di luar program studinya.

“Proram ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang siap untuk memenangkan tantangan kehidupan yang semakin kompleks di abad ke-21 ini. Oleh karena itu, seluruh perguruan tinggi dapat segera melakukan penyesusaian kurikulum. Selain itu, perguruan tinggi di jenjang pendidikan tinggi juga perlu meningkatkan mutu proses pembelajaran untuk mendukung MBKM” ujar Anjar Setiawan yang juga mahasiswa program doktor (S3) Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini.

BERITA REKOMENDASI