SIEGA Unika Gelar Podcast Metaverse Tipis-Tipis

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com- Program Studi Sistem Informasi Universitas Katolik (UNIKA) Soegijapranata Semarang yang memiliki konsentrasi Sistem Informasi, E-Commerce, Game Technology, dan Akuntansi Sistem Informasi atau disingkat SIEGA, baru-baru ini menggelar podcast dalam wujud metaverse tipis-tipis dan ditayangkan melalui kanal YouTube.

Berbeda dengan podcast lainnya, narasumber dan moderator di dalamnya tampil dalam wujud avatar tiga dimensi dan berada di ruang virtual tiga dimensi seperti yang diilustrasikan oleh Mark Zuckerberg saat perubahan nama Facebook menjadi Meta.

Menurut Andre Kurniawan, dosen Sistem Informasi UNIKA, penyelenggaraan podcast dalam wujud metaverse ini merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi kekinian untuk dunia pendidikan. Mahasiswa bukan hanya mendapatkan pengetahuan terbaru, tetapi juga pengalaman baru atau new experience yang dapat mengubah hidup masing-masing.

Penguasaan informasi dan kemampuan adaptasi akan membuat masyarakat tidak takut dalam menghadapi hal-hal baru.
Seringkali karena tidak memahami secara baik, teknologi informasi dianggap sebagai musuh dan ditakuti dari sisi kemanusiaan.

“Padahal dengan mengenal secara baik, teknologi informasi dapat digunakan untuk kebaikan manusia. Dengan begitu, mahasiswa maupun lulusan Sistem Informasi UNIKA dapat menjelaskan pengetahuan kekinian dengan baik dan mengarahkan ke hal-hal positif untuk kemanusiaan” ujar Andre kepada pers di kampus setempat, Kamis (17/2/2022).

Andre menambahkan gelaran acara Metaverse tipis-tipis merupakan cara program studi Sistem Informasi UNIKA mengawal perkembangan teknologi sehingga di masa yang akan datang tidak sampai tergagap-gagap menghadapi ketika tahapan perkembangannya sudah menjadi matang.

Lebih lanjut menurut Andre, pihaknya telah mempersiapkan kurikulum immersive technology di dalam beberapa mata kuliah semua konsentrasi yang diselenggarakan. Cara ini yang membekali mahasiswa untuk secara bijak dan kompeten ketika menghadapi masa depan metaverse dalam perkembangan peradaban manusia.

Menurutnya pula singkatan SIEGA bisa ditemukan dalam bahasa Spanyol yang mempunyai arti memanen dalam bahasa Indonesia. Sehingga diharapkan mahasiswa dan alumninya dapat memanen hasil-hasil baik yang ditanam melalui pemahaman dan penerapan teknologi informasi yang baik.

“Masyarakat yang ingin melihat gelaran SIEGA bisa melihat gelaran podcast metaverse Unika di alamat https://www.youtube.com/watch?v=i6XhsvWYHws” tandas Andre. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI