SMP N 1 Juwana Pati Peringkat 1 Unnes Green School Rank

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com-Universits Negeri Semarang (Unnes) melalui Unnes Green School Ranking mengumumkan peringkat Unnes Green School Ranking 2021 yang dilakukan secara hybrid di kampus Unnes, Jumat (31/12/2021).

Berdasarkan penilaian Unnes Green School Ranking, SMP Negeri 1 Juwana Kabupaten Pati Jawa Tengah menjadi sekolah berkelanjutan terbaik Unnes Green School Ranking tahun 2021. Peringkat kedua ditempati SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang dan SMP Negeri 3 Pati pada peringkat ketiga.

Pengumuman disaksikan oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Dr Hendi P, dan Pimpinan di lingkungan Universitas Negeri Semarang, serta seluruh perwakilan sekolah peserta Unnes Green School Ranking.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan Unnes Green School Ranking merupakam sebuah usaha alamiah untuk meningkatkan wawasan konservasi.

Selain itu, Prof Dr Fathur Rokhman juga menyampaikan Unnes Green School Ranking merupakan inovasi Unnes sebagai pemeringkatan sekolah secara nasional berbasis komitmen tinggi dalam konservasi.

“Unnes sebagai kampus peringkat 5 masional dan 44 dunia pada UIGM tahun 2021 mencoba mengispirasi sekolah-sekolah di Indonesia untuk menjadi sekolah hijau tingkat nasional dengan mengikuti Unnes Green School Ranking, jelasnya” Lanjut Prof Fathur.

Kepala UPT Pengembangan Konservasi Unnes Prof Dr Amin Retnoningsih MSi mengatakan Unnes Green School Ranking menunjukkan bahwa kompetisi bukan menjadi salah satu hal utama tetapi menjadi komitmen kuat dari sekolah-sekolah dalam mengimplementasikan konservasi di lingkungan masing-masing.

“Kedepan Unnes akan melakukan lokakarya Unnes Green School Ranking sebagai ajang berbagi dari para pemenang dan calon peserta Unnes Green School Ranking 2022,” ujarnya.

Kepala UPT Pengembangan Konservasi menyebutkan, pada tahun pertama, jumlah peserta mencapai 45 sekolah dan diharapkan akan terus bertambah pada tahun-tahun mendatang. Penilaian Unnes Green School Ranking 2021 terdiri atas indikator penilaian tapak dan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, sampah, air, transportasi, dan pendidikan dan kegiatan pendukung,” ucapnya.(sgi)

BERITA REKOMENDASI