Sulit Majukan Pariwisata, Salatiga Belum Miliki Riparda

Editor: KRjogja/Gus

SALATIGA, KRJogja.com – Kota Salatiga belum memiliki Rencana Induk Pariwisata Daerah (Riparda) untuk memajukan jasa sektor pariwisata.

Anggota DPRD Salatiga, Agus Pramono mengatakan rencana induk pariwisata daerah tersebut seharusnya sudah dimiliki oleh Salatiga sebagai kota transit pariwisata di Jawa Tengah.

Akibatnya, perkembangan pariwisata di Salatiga sulit dikembangkan dan susah mencari bantuan ke pemerintah pusat maupun menggandeng sekaligus menawarkan kepada investor atau pihak ketiga. Dinas Pariwisata dituntut untuk mampu mengembangkan dan harus ada terobosan mengenai kreatifitas dan inovasi.

“Termasuk Rencana Induk Pariwisata harus segera mungkin diterbitkan. Pemerintah pusat tidak bisa mengucurkan bantuan apa bila belum terbit terkait Riparda. Demikian juga dengan pihak ketiga yang akan berminat masuk Salatiga dalam mengembangkan pariwisata juga susah, ‘ kata Agus Pramono kepada KRjogja. com, Minggu (21/02/2021).

Ia menambahkan dari pengamatan selama ini, daerah lain maju pariwisatanya karena konsepnya jelas dan memilik rencana induk pariwisata dan pihak ketiga masuk ke daerah tersebut.

Menanggapi keterlambatan dalam bergerak terkait dengan Riparda ini, Kepala Dinas Pariwisata Salatiga, Valentino T Aribowo dihubungi KRJogja. com mengatakan bahwa pihaknya sedang memproses Riparda dan saat ini masuk tahapan naskah akademik (NA). “Saat ini tahapan NA,” tukas Valentino. (Sus)

BERITA REKOMENDASI