Swasembada Gula Di Jateng Sulit Tercapai

SEMARANG (KRjogja.com)- Wakil Ketua Komisi B DPRD Jateng Yudi Sancoyo menyatakan keprihatinannya terhadap produksi gula di Jawa Tengah (Jateng). Provinsi ini belum bisa swasembada gula karena banyaknya persoalan, termasuk adanya tujuh dari 15 pabrik gula yang ada tidak bisa beroperasi.

Yudi Sancoyo Selasa (23/08/2016) menjelaskan mulai dari produksi gula yang minim, banyaknya pabrik gula yang tidak beroperasi hingga berbagai kebijakan pemerintah yang belum berpihak pada petani tebu, menjadi kendala utama bagi Jateng untuk bisa memenuhi target swasembada gula guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dari delapan pabrik gula yang beroperasi di Jateng menurut Yudi juga belum bisa maksimal produksinya. Dengan kondisi tersebut sulit bagi Jateng untuk bisa meraih sukses swasembada gula. “Bagaimana Jateng bisa swasembada gula kalau tujuh pabrik gula yang ada tidak bisa beroperasi,” tegasnya.

Menurut Yudi, kebijakan yang diambil pemerintah selama ini juga belum berpihak kepada petani tebu. Hal ini bisa dilihat dari belum semuanya pabrik gula di Jateng mau menerima pasokan tebu dari petani. Hal ini yang dikeluhkan petani tebu, sehingga banyak yang beralih untuk menanam komoditas lain seperti padi. (Bdi)

BERITA REKOMENDASI