Tak Melaut, Nelayan Bandengan Lomba Mengecat Kapal

KENDAL, KRJOGJA.com – Gelombang tinggi dan cuaca yang tidak bersahabat membuat nelayan di Kelurahan Bandengan Kecamatan Kendal tidak melaut. Kesempatan tersebut biasanya digunakan untuk memperbaiki kapal agar saat cuaca bersahabat sudah siap digunakan. 

Direktur PT. SEIV Indonesia Iwan Suriatmaja, Minggu (04/02/2018) mengatakan pengecetan kapal paling penting adalah bagian dasar dengan menggunakan cat anti foaling. 

"Hewan organisme laut sangat mengganggu laju gerak kapal yang berdampak kepada pemakaian BBM yang tinggi, jika sudah menempel di dinding bagian bawah kapal, untuk itu diperlukan cat yang mengandung anti foaling, jika laju kapal tidak terhambat maka pendapatan nelayan akan meningkat pula,"ujar Iwan.

Dia menjelaskan lomba diikuti oleh 112 kapal nelayan dari kelurahan bandengan. Kreasi dari masing masing peserta dibutuhkan dengan mempercantik kapal yang biasa digunakan untuk melaut. "Kreasi dari para nelayan untuk menghias dan mempercantik kapal mereka ini adalah tujuan dari penilaian kami, karena kapal adalah kendaraan mereka dalam mencari nafkah di laut, selain itu dengan dilakukan pengecatan ulang akan mengurangi resiko kebocoran," jelasnya.

Suprapto (40) salah seorang nelayan mengaku senang bisa mengikuti lomba karena selain bisa mempercantik kapal juga mengisi waktu luang disela-sela tidak melaut. Dalam melakukan pengecetan yang paling sulit adalah menggambar motifnya karena membutuhkan kejelian agat hasil maksimal. (Ung)

BERITA REKOMENDASI