Tanggul Sungai Bodri Amblas Lagi, Ini Sebabnya

KENDAL, KRJOGJA.com – Hujan yang turun sejak malam pergantian tahun dengan intensitas yang cukup tinggi membuat tanggul Kalibodri yang berada di Dusun Pilang RT 01 RW 03 Desa Lanji Kecamatan Patebon ambles. 

Tanggul yang longsor pada Januari 2019 belum sempat diperbaiki, oleh Pemkab Kendal hanya dilakukan pengurugugan dan membronjong sisi tanggul namun belum genap setahun sudah ambles.  Panjang tanggul yang amblas sama dengan saat lonsor setahun silam yang mencapai 80 meter. Sementara kedalam tanah yang ambles mencapai lima meter. Jika tidak segera ditangani dan tanggul jebol, bisa mengakibatkan banjir hingga Kecamatan Kota Kendal. Jarak Sungai Bodri dengan pemukiman warga kurang lebih 30 meter. 

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kendal Sigit Sulistyo menjelaskan jika sampai jebol maka bisa dipastikan dua kecamatan yaitu Kecamatan Patebon dan Kecamatan Kendal akan berdampak.

Sigit sudah berkoordinasi dengan instansi terkait karena lokasi longsong merupakan wilayah Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (DINAS PUSDATARU) Provinsi Jawa Tengah. Sigit mengatakan, BPBD Kendal warga akan melakukan kerja bakti untuk mencegah tanah yang ambles tidak meluas. 

"Jika tak dilakukan penanganan secepatnya, hujan dengan intensitas tinggi, bisa memperparah tanah amblas. Dampaknya tidak menutup kemungkinan tanggul jebol dan banjir bandang menerjang pemukiman sekitarnya,’’ujar Sigit di lokasi longsor Kamis (02/01). (Ung)

BERITA REKOMENDASI