Target Penambahan PAD, Pemkab Kendal Berharap Penyesuaian PBB Kawasan Industri

Editor: Agus Sigit

KENDAL, KRjogja.com – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kendal dari tahun ke tahun diharapkan bertambah. Berbagai sektor dikembangkan termasuk dari sektor pajak. PAD yang berpotensi adalah pada penarikan PBB untuk Kawasan Industri Kendal. Pasalnya dari tahun 2018 Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) belum ada penyesuaian dan masih menggunakan harga lama.

Kepala Bakeuda Kendal Agus Dwi Lestari kepada KRjogja.com Rabu (14/4) mengatakan penyesuaian nilai PBB dilakukan tahun 2018 silam dengan metode reclass satu tingkat untuk semua obyek pajak. Dari tahun tersebut hingga saat ini belum pernah ada penyesuaian.

“Penyesuaian nilai PBB kami laksanakan tahun 2018, semua obyek pajak kami naikan satu tingkat diatas nilai sebelumnya, dan kami merencanakan untuk melakukan penyesuaian kembali tahun 2022 dengen metode penyesuaian Zona Nilai Tanah (ZNT),”ujar Agus Dwi Lestari.

Butuh waktu yang lama untuk menerapkan ZNT ini karena dilakukan survey untuk menentukan harga baru NJOP tersebut. Tahun 2020 sudah melakukan survey di 14 Kecamatan dan sisanya tahun ini akan di survey 6 kecamatan.

BERITA REKOMENDASI